Sabtu, 27 Februari 2021

Tokoh Papua: Negara Sudah Memfasilitasi Kemajuan bagi Papua

 


Seorang pemimpin daerah asli Papua yang menjabat sebagai Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano turut menyampaikan pendapatnya tentang dinamika otonomi khusus (otsus) dan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

 

Benhur dalam penyampaiannya mengatakan jika negara memberikan hak dan fasilitas kepada setiap warga negaranya untuk menyampaikan setiap aspirasi. Hal ini yang mendasari pandangannya terkait tarik-ulur yang wajar terjadi. Meski demikian dirinya menegaskan agar tindakan yang dilakukan tidak melawan negara.

 

“Silakan kepada setiap masyarakat karena itu juga hak, tapi saya ingatkan kalau kita tidak boleh melawan negara. Saya belajar tentang ilmu pemerintahan, jika ada yang melawan maka negara dengan dasar undang-undang juga berhak menggunakan alat-alatnya, sehingga siapapun akan tunduk dan patuh pada negara,” ujarnya. (26/2)

 

BTM sapaan akrabnya, juga menuturkan jika saat ini draf revisi otsus sudah ada di DPR RI dan akan direvisi lewat pansus revisi otsus papua. Pihaknya juga mengatakan jika Kemendagri sedang menyiapkan dua Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai penjabaran dari kebijakan yang pro terhadap rakyat Papua tersebut.

 

"Perbincangan saya dengan Dirjen Otda Kementrian Dalam Negeri, draf revisi otsus yang ada di DPR sementara sedang dilakukan revisi lewat pansus revisi otsus Papua, kemudian akan dijabarkan dengan RPP,”

 

Dalam catatan, BTM menegaskan jika otsus Papua tidak pernah dirasa gagal, justru kehadirannya menciptakan kemandirian bagi setiap elemen untuk membangun Papua. BTM meyakini jika sejak diberlakukannya otsus bagi Papua, sudah banyak masyarakat Papua yang merasakan dampak baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar