Kamis, 25 Februari 2021

Temui Panglima, Yan Mandeas kepada KKB: Kalian akan 'Selesai'



Yan Permenas Mandenas sebagai anggota Komisi I DPR RI dalam bebagai pernyataannya mengungkapkan jika pihaknya sedang berfokus dalam urusan konflik yang ramai terjadi di Papua. Melalui pertemuannya dengan Panglima Kodam 17 Cendrawasih dirinya mengaku jika polemic yang sedang terjadi harus segera dituntaskan.

“Kunjungan ke Panglima untuk membahas beberapa poin, diantaranya pasti untuk menuntaskan konflik yang banyak bersinggungan dengan penggunaan senjata.hal tersebut karena banyak peristiwa saat ini yang ramai dimanfaatkan untuk jadi polemik baru,” ujar Yan dalam keterangannya.

Selain itu, Yan yang menilai bahwa konflik yang terjadi di Papua saat ini menunjukkan angka peningkatan, oleh sebab itu ia berencana menyiapkan sebuah strategi untuk menghentikan aktivitas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap mengganggu situasi keamanan.

"Kami juga membahas strategi yang tepat untuk penanganan wilayah-wilayah konflik agar tidak melebar kemana-mana dan KKB bisa dihentikan pergerakan mereka karena sudah sangat merugikan. Selama ini KKB sudah mengganggu mobilitas di daerah dan mengganggu aktivitas masyarakat di berbagai wilayah,"

Pembahasan penanganan konflik dalam domain kawasan perbatasan tersebut tidak hanya akan dibahasnya sendiri, Yan mengaku bahwa hal tersebut sudah masuk ranah kenegaraan sehingga memerluka penanganan yang menyeluruh.

“Perihal KKB ini sudah tingkat nasional ranahnya, tentu menjadi kewajiban negara untuk segera menghentikannya. Yang terpenting negara tidak boleh kalan dengan kelompok kecil (KKB) yang selalu mengganggu masyarakat,”

Yan juga menegaskan jika TNI dan Polri harus segera mengerahkan berbagai potensi yang ada untuk tujuan yang lebih baik, yaitu menghapus pergerakan separatis KKB di Tanah Papua.

“Kita semua harus menghentikan aksi kekerasan KKB, kita memiliki kemampuan untuk itu, jadi saya minta aksi KKB harus segera dihentikan, sebab mereka selalu mengganggu proses pembangunan di Papua,”

0 komentar:

Posting Komentar