Sabtu, 27 Maret 2021

Direktur Eksekutif YKKMP Mendukung KKB Sebagai Teroris


Direktur Eksekutif Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua (YKKMP) Theo Hesegem mendukung pemerintah Indonesia terkait adanya perubahan status TPN-PB/OPM menjadi Teroris.

Dalam keterangan tertulisnya, Theo menyampaikan jika pemerintah Indonesia sudah berpikir matang demi kesejahteraan masyarakat Papua yang selalu mengalami tekanan, intimidasi dan teror dari kelompok kriminal bersenjata TPNPB-OPM, perlu diambil langkah-langkah yang tepat untuk menangani TPNPB-OPM di Papua.

Menurutnya tindakan-tindakan yang dilakukan oleh TPNPB-OPM sudah dapat ditetapkan sebagai Teroris, dengan dinaikannya status TPN-PB/OPM menjadi Teroris harapannya Papua akan menjadi aman dan damai dari tindakan intimidasi dan teror yang selama ini sering dialami masyarakat Papua.

Theo juga menuliskan kalau kekerasan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang sering dilakukan oleh TPNPB/OPM sangat tinggi, seperti yang terjadi di Nduga, Intan Jaya dan daerah Papua lainnya sampai saat ini belum bisa diproses, sehingga dengan status yang disandang TPN-PB/OPM menjadi kelompok teroris maka akan memberikan akse bagi penegakan hukum untuk memerangi kelompok ini baik tingkat nasional maupun internasional.

Ini sebuah solusi yang tepat, karena sampai hari ini kita semua dibuat pusing oleh mereka (TPNPB/OPM).

Theo juga percaya bahwa pemerintah sudah memiliki kajian-kajian yang cukup dalam untuk menetapkan TPNPB/OPM sebagai organisasi Teroris. Sehingga tidak ada lagi korban kekerasan, intimidasi dan teror yang dialami masyarakat Papua.

Sebagai pembelah HAM, Theo juga beranggapan kalau selama ini TNI dan Polri selalu menjadi korban Pelanggaran HAM oleh TPNPB/OPM.

0 komentar:

Posting Komentar