Selasa, 23 Maret 2021

Semakin Difokuskan, KKB Tergolong Organisasi Teroris

 



Kajian mengenai kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang akan dicanangkan sebagai bagian dari jaringan teroris semakin gencar. Bahkan hal ini disampaikan oleh Kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan diskusi yang intensif dalam pembahasan tersebut.

Boy menyebut KKB telah melakukan kejahatan-kejahatan yang dianggap layak dikategorikan atau disejajarkan dengan aksi teror. Sebab kata dia, KKB menggunakan kekerasan, ancaman kekerasan, senjata api, dan menimbulkan efek ketakutan yang luas di masyarakat.

"Kondisi nyata di lapangan, sebenarnya dapat dikatakan jika kelompok tersebut telah melakukan aksi-aksi teror yang merugikan. Sudah banyak catatan minor yang terjadi atas aksi-aksi keji yang dilakukan oleh KKB di Papua,”

Dikabarkan bahwa nomenklatur KKB menjadi teroris sudah disampaikan dalam forum resmi, yaitu Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi III DPR RI pada awal pekan ini. (22/3)

“Jika sudah ada kesepakatan dari diskusi ini, BNPT akan langsung memberikan lagi saran kepada Presiden sebagai tindak lanjutnya. Tentu untuk mengkategorikan KKB sebagai organisasi teroris terlarang,”

Boy berpendapat, kelompok KKB bisa dijerat dengan pasal-pasal tindak pidana terorisme. Bahkan dari sisi pemahaman global, terorisme sudah digolongkan menjadi musuh bersama yang harus diperangi.

Meski ditanggapi lain oleh Amnesti Internasional Indonesia, upaya pemerintah pusat untuk menegakkan keutuhan NKRI sudah dinanti rakyat Papua. Hal tersebut disampaikan demi terwujudnya hak sebagai warga negara Indonesia (WNI) oleh masyarakat di Papua.

“KKB ini sudah menjadi ancaman bagi seluruh rakyat Papua dilihat dari fakta lalu. Kalau ada organisasi lain yang berseberangan pendapat, itu boleh saja. Namun yang harus dipahami dari upaya saat ini adalah untuk menyelesaikan konflik yang bersumber dari KKB itu sendiri. Tentu masyarakat juga berhak mendapatkan perlindungan sebagai WNI,”

0 komentar:

Posting Komentar