Jumat, 05 Maret 2021

Sempat Ditolak, Fakta Kehadiran TNI/Polri di Intan Jaya Berbuah “Situasi Kondusif”

 



Situasi terakhir kabupaten inten jaya diketahui sudah berangsur-angsur kondusif, hal ini disampaikan oleh Joseph Sondegau sebagai tokoh masyarakat. dalam keterangan yang dihimpun bahwa ancaman yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap warga di Intan Jaya hampir tidak pernah lagi terjadi. (6/3)

“Memang waktu lalu Intan Jaya ini selalu menjadi bahan pembicaraan, ya memang karena pada saat ini kami merasa terancam keselamatannya oleh KKB. kami sempat mengamankan diri ke pastoran, itu karena kami takut,” ujarnya.

Joseph mengatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh aparat keamanan (TNI/Polri) dalam mendorong pasukan patut mendapat apresiasi dan dukungan.

“Kemarin-kemarin banyak pasukan yang didatangkan, dan itu berhasil. Mereka (KKB) nyatanya tidak berani lagi mengganggu situasi disini. Ini yang kami tunggu sejak lama, kami ingin hidup nyaman tanpa ada rasa takut karena ancaman,”

Sebagai tokoh dirinya menilai bahwa ada beberapa kalangan yang mencoba membawa pengaruh buruk dalam perkembangan situasi keamanan di Intan Jaya. Hal tersebut disebutkan oleh Joseph bahwa terdapat kelompok kecil yang menolak kehadiran TNI/Polri.

“Saya hanya berpandangan kalau ada kelompok kecil yang menolak, dan mereka itu mungkin saja punya kedekatan dengan KKB. makanya mereka tolak. Padahal dari apa yang terjadi saat ini, aparat bukanlah sebuah ancaman, mereka datang disini dan apa yang sekarang terjadi. Intan Jaya sudah aman kembali,”

Joseph menambahkan bahwa Intan Jaya adalah salah satu wilayah yang sering menjadi tempat bersinggah KKB. hal tersebut diungkapkannya sebab beberapa masayarakat asli Intan Jaya yang pernah ditemuinya mengatakan bahwa tidak jarang KKB memaksa kepada penduduk untuk difasilitasi.

“Ada warga yang didatangi KKB dari Tembagapura. Katanya mereka minta disiapkan tempat untuk bermalam. Dari kondisi seperti itu artinya warga ini selalu ada dibawah intimidasi mereka. Warga tidak senang karena mereka juga takut,”

Oleh karena itu, Joseph mengatakan rasa syukurnya atas kondisi yang ada saat ini. Dikatakannya bahwa dirinya merasa senang setelah melihat aktivitas warga mulai berjalan seperti biasanya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang datang ke Intan Jaya dan menciptakan situasi keamanan disini menjadi aman kembali. Terus terang saya sangat senang melihat warga beraktivitas seperti biasa, hari pasar mulai berjalan, itu akan memberi dampak yang baik,”

0 komentar:

Posting Komentar