Selasa, 06 April 2021

Buchtar Tabuni Pertanyakan Aksi BEM Uncen di Jayapura



Tokoh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Buchtar Tabuni menilai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cenderawasih tidak mewakili pergerakan politik di Papua. (7/4)

Diampaikannya bahwa aksi dari mahasiswa tersebut sepintas hanya sebagai aksi terkait melaksanakan hak domokrasi sebagai warga negara. Bahkan Buchtar tegas menolak jika aksi BEM Uncen menyinggung pergerakan politik.

“Mereka sedang melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa, itu saja. Tapi jika nanti ada pergeseran muatan, tentu saya mengecam mereka kalau membawa doktrin politik dalam aksi,”

Menurut Buchtar situasi politik di Papua khususnya yang diusung oelh ULMWP, tidak sedang berfokus untuk menggelar aksi dan pergerakan tertentu.

“Secara khusus tidak ada komando dari ULMWP untuk melakukan aksi. Kepada aksi yang dilakukan nanti, misalnya ada kegaduhan maka ULMWP lepas tangan,”

Terlebih Buchtar menganggap aksi terkait unjuk rasa yang dilakukan oleh BEM Uncen tidak tepat dalam perhitungan waktu dan momentum peristiwa.

“Mereka anak muda, mungkin saja lupa momentum. Kalau dari kami (ULMWP), sekarang ini bukan waktu yang tepat untuk melakukan aksi unjuk rasa,”

Hal tersebut diketahui lantaran Papua sedang diguncang isu trerkait pelarian Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini lewat jalur ilegal.

“Saya khawatir jika aksi yang dilakukan ini poinnya akan melenceng karena terbawa kasus Lukas Enembe yang kemarin dideportasi dari PNG,”


1 komentar:

  1. Tn. Buctar Tabuni Yth.
    Biarkanlah mereka karena itulah tugas mereka sebagai mahasiswa.

    Sebab status yang tertinggi di dunia ini, dari "Maha Kuasa" kemudian hanya "Mahasiswa" tidak ada maha persiden dan jajarannya.

    Mereka sebagai mahasiswa anak pribumi atas keprihatinan sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi, maka siapapun wajib berbicara dengan gaya dan tupoksinya masing-masing.

    Ulmwp tidak harus dibatasi jika expresi dari berbagai orang pergerakan di dalam sipil kota, untuk mengekxpresikan sesuai gaya dan versinya.

    Mohon jangan baku disalahkan tapi fokus sesuai tugas dan versibya masing-masing menuju ke satu muaranya.

    BalasHapus