Selasa, 27 April 2021

Kesaksian Anggota Teroris Papua Anggap Kematian Hengky Uamang Akibat Lekagak Telenggen


Keberadaan kelompok teroris telah membuat konflik di Papua menjadi rumit, bahkan tidak hanya aparat keamanan yang didorong pemerintah untuk segera melumat habis gerombolan tersebut, namun juga masyarakat di Papua sudah geram dengan aksi merugikan yang selalu terjadi.

Dari berbagai kelompok yang ada, teroris pimpinan Lekagak Telenggen adalah salah satu sentral dari setiap aksi teror yang kerap terjadi. Lekagak dianggap sebagai sosok yang keji dan tidak bisa berkompromi.

dalam penelusuran redaksi, diketahui sejak awal tahun 2021 saja setidaknya ada belasan kali kelompok teroris Lekagak Telenggen membuat kekacauan di Papua dengan berbagai aksinya. Diantara teror yang dilakukan tersebut, Lekagak sudah sempat menembak dan menyerang 2 pesawat sipil, merusak 2 menara jaringan, melakukan pembunuhan terhadap 5 warga sipil, dan serangkaian serangan terhadap aparat keamanan.

Terkait aksi-aksi penyerangan yang dilakukan oleh kelompok teroris Lekagak Telenggen, redaksi juga berhasil mewawancarai salah seorang anggota separatis Papua aktif dibawah pimpinan Militer Murib.

Menurut keterangan dari sumber yang tidak mau disebutkan identitasnya tersebut, Lekagak Telenggen adalah salah satu kelompok teroris yang tidak begitu disukai oleh para pejuang Papua merdeka lainnya. Pergerakan Lekagat dianggap sebagai aksi pemberontakan yang tidak sejalan dengan komando pusat.

“sejarah kami di lapangan memang Lekagak ini paling ambisius. Setiap komando pusat yang sudah ditetapkan tidak segan dilanggar untuk mengangkat namanya sendiri, padahal ini sangat berbahaya karena menyangkut perjuangan secara keseluruhan,”

Ditambahkan jika beberapa kali Lekagak Telenggen sempat dikecam karena menginisiasi serangan di Tembagapura tanpa komando yang jelas. Hal tersebut akhirnya membuat rencana operasi di Tembagapura hancur dan tidak sesuai dengan rencana, bahkan Hengky Uamang tewas dalam penyergapan dari aparat.

“Kami pernah berbicara dalam forum yang diisi oleh orang-orang tua, kami marah kepada Lekagak yang jalan semaunya sendiri, karena buktinya Hengky sebagai pimpinan juga mati. Strategi kami di Tembagapura saat ini harus kalah karena Lekagak keras kepala,”

Menurut penuturan sumber sebagai anggota dari Militer Murib tersebut, dirinya bahkan menganggap jika Lekagak memiliki misi tersembunyi demi kepentingan pribadinya. Lekagak dianggap berupaya untuk menggantikan tahta Goliat Tabuni sebagai panglima tertinggi kelompok teroris Papua.

0 komentar:

Posting Komentar