Rabu, 28 April 2021

Rakyat sudah Ketakutan, Bagaimana Papua bisa Merdeka?


Politikus asal Papua, Yan Permenas Mandenas menanggapi kisruh yang sedang ramai terjadi di Kabupaten Puncak, Papua, terkait dengan aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh Teroris Papua. (29/4)

Yan Mandenas yang merupakan anggota DPR RI tersebut mengungkapkan jika aksi biadab yang dilakukan oleh Teroris Papua akan memberi dampak buruk bagi situasi keamanan di Papua dalam waktu kedepan. Hal tersebut diungkapkan Yan Mandenas sebab Teroris Papua telah melakukan aksi yang melanggar hak asasi manusia (HAM).

“Aksi yang dilakukan oleh kelompok teroris ini sudah sangat biadab. Mereka mendorong kekerasa di Papua, mereka juga sudah melakukan aksi pelanggaran HAM. Bagaimana kemarin guru saja mereka bunuh padahal tidak ada hubungan dengan konflik yang terjadi,”

Dikatakan oleh Yan Mandenas bahwa pelanggaran HAM yang dilakukan oleh kelompok teroris karena dalam aksinya kelompok tersebut telah menjadikan warga sipil sebagai target penembakan. Dalam keterangannya disebutkan oleh politisi Partai Gerindra tersebut bahwa setiap pergerakan yang dilakukan oleh teroris juga telah membangun stigma negatif bagi Papua.

“Kalau hal seperti ini terus dibiarkan maka nama Papua akan tercoreng, seluruh Indonesia bahkan dunia akan menganggap jika Papua adalah salah satu wilayah yang rawan akan konflik. Padahal kami sedang berupaya keras untuk menghadirkan rasa aman dan menciptakan kedamaian,”

Yan Mandenas dalam penuturannya bahkan menganggap jika kampanye yang digembor-gemborkan oleh kelompok teroris sudah salah arah. Alasan untuk memerdekakan Papua dengan cara yang dilakukan kelompok teroris saat ini dianggap hanya akan membuat rasa takut bagi rakyat.

“Hakikat merdeka itu mereka tidak paham, bagaimana mau merdeka jika warga ke kebun saja sudah takut. Aksi-aksi dari kelompok teroris ini sudah menutup pintu ‘merdeka’, semua orang menjadi takut,”

Melihat kekerasan demi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok teroris sebelumnya, Yan Mandenas lantas mengatakan jika tuntutan merdeka hanya akan membinasakan rakyat Papua sendiri, hal tersebut dijabarkan sebab akan terjadi persang saudara.

0 komentar:

Posting Komentar