Rabu, 19 Mei 2021

Kelompok Teroris Memaksa Masyarakat Harus Mengungsi ke Ilaga, Puncak


Kehadiran kelompok teroris di Kabupaten Puncak terus mendatangkan masalah. Situasi di Kabupaten Puncak diketahui berubah semenjak kelompok Lekagak Telenggen menduduki wilayah tersebut. Kondisi yang demikian memaksa masyarakat harus mengungsi ke wilayah yang lebih aman.

Terkait dengan pengungsian yang dilakukan oleh warga dari Distrik Ilaga Utara, Tina Mom sebagai salah seorang warga menuturkan jika hal tersebut terpaksa dilakukannya bersama dengan ratusan orang lainnya karena takut atas konflik yang sedang terjadi.

“Ya, kami terpaksa ke Ilaga karen atakut dengan mereka (kelompok teroris). Sejak mereka datang di kampung kami, semua warga menjadi ketakutan. Makanya kami minta perlindungan kesini,”

Tina mengaku tidak bisa berbuat apa-apa dalam situasi yang saat ini sedang terjadi. Pihaknya justru lebih baik memilih untuk tidak terlibat dalam konflik tersebut.

“Saya tidak tahu, saya tidak bisa salahkan aparat juga karena mereka datang ke kampung karena ada penembakan-penemabakan oleh teroris. Lebih baik kami mengungsi, kami tidak mau terlibat,”

Disampaikannya, Tina merasa cukup khawatir dengan situasi yang terjadi di Ilaga Utara. Dirinya menganggap kehadiran kelompok teroris yang datang di kampungnya justru menciptakan masalah baru.

“Mereka bilang berjuang untuk merdeka, tapi mau merdeka bagaimana kalau warga kampung ketakutan. Lebih baik jauhi kami, kami mau bekerja di ladang, kami mau berjualan ke pasar seperti biasa,”

Diketahui bahwa masyaarakat Ilaga Utara telah bergabung dengan warga dari Distrik Gome yang sebelumnya sudah berada di Distrik Ilaga dikarenakan mengungsi sebab konflik dan ancaman yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar