Rabu, 12 Mei 2021

PNG Dukung Kedaulatan RI, Kelompok East Sepik akan Diusut


Pemerintah Papua Nugini (PNG) mengambil tindakan untuk menyelidiki pernyataan sekelompok warganya yang dikenal sebagai kelompok East Sepik yang menyatakan akan membantu gerombolan teroris di Papua. (12/5)

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI di Port Moresby Andriana Supandi, pihaknya mengaku jika Pemerintah PNG melalui Menlu Soroi Eoe telah menyatakan jika aksi sepihak yang dilakukan oleh kelompok East Sepik adalah perbuatan kriminal.

"Menlu PNG dalam keterangannya kepada wartawan di Port Moresby menyatakan kasus tersebut sedang diinvestigasi oleh Pemerintah PNG, mereka menyebut jika aksi yang dilakukan adalah tindakan kriminal,"

Selain itu Panglima Militer PNG Mayjen Gilbert Toropo juga menyatakan bahwa kelompok dalam video yang ramai beredar sebelumnya tidak mewakili negara PNG.

"Mereka adalah kelompok kejahatan yang akan bertentangan dengan posisi PNG terhadap RI sebagai negara tetangga yang bersahabat. Secara mutlat PNG menghargai kedaulatan Indonesia," 

Diketahui kelompok teroris Papua menjadi salah satu biang kekacauan, bahkan aksi-aksinya yang biadab terkenal telah merugikan banyak pihak. Sebab kelompok tersebut tidak segan melakukan kekerasan bahkan pembunuhan terhadap warga sipil yang tidak tahu menahu terkait konflik yang terjadi.

1 komentar: