Senin, 17 Mei 2021

Warga Minta Aparat Keamanan Segera Usir Teroris Lekagak Telenggen dari Puncak


Keberadaan Lekagak Telenggen di Kabupaten Puncak diketahui membuat masayarakat setempat menjadi marah. Hal tersebut diungkapkan sebab Kabupaten Puncak sebelumnya dianggap sebagai salah satu wilayah yang aman dan damai.

“Sebelum mereka datang kesini (wilayah Kabupaten Puncak) kegiatan masyarakat berjalan sangat baik. Kami semua bisa berkebun, berjualan di pasar, semua kami lakukan tanpa ketakutan terjadi penyerangan (penembakan),” ungkap salah seorang warga di Ilaga, Puncak. (18/5)

Belakangan terungkap sosok asli Lekagak Telenggen yang statusnya sebagai warga pendatang di Puncak. Atas fakta tersebut, warga pun dibuat semakin kesal dengan kelakuannya yang sangat merugikan.

“Kami tahu dia bukan orang sini, kalau memang dia datang itu seharusnya bisa membawa kedamaian. Bukan datang untuk mencari masalah. Sekarang yang susah ini warga semuanya,”

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. Menurutnya, kelompok Lekagak Telenggen tidak berasal dari Distrik Ilaga.

"Kelompoknya Lekagak ini bukan tuan rumah di Ilaga, mereka pendatang yang datang mengganggu ditempatnya orang,”

Atas rentetan peristiwa penyerangan dan berbagai penembakan yang dilakukan oleh kelompok teroris Lekagak Telenggen, Kapolda menuturkan jika TNI Polri telah mengambil langkah-langkah cepat sebagai upaya penegakan hukum.

“Saya dengarkan sendiri jika masyarakat yang meminta kepada aparat keamanan agar segera mengusir kelompok teroris ini keluar dari wilayahnya. Mungkin ini ungkapan karena memang mereka sudah sangat marah,”

“Sejak kelompok ini berada di wilayah Puncak, aktivitas masyarakat terganggu. Mereka harus keluar dari tiga distrik lalu menyampaikan aspirasinya ke pemerintah, mereka sangat terganggu dengan kehadiran kelompok Lekagak,"

0 komentar:

Posting Komentar