Senin, 21 Juni 2021

Getol Dekati MSG, ULMWP Dianggap Tak Paham Konsep Perjuangan


Ditengah keinginan keras ULMWP menjadi bagian dari forum Melanesian Spearhead Group (MSG), Ketua OPM Jeffrey Bomanak mulai bereaksi dan beranggapan jika usaha tersebut tidak akan memberikan dampak besar pada perjuangan Papua.  (22/6)

Jeffrey menjelaskan jika ada kepentingan lain yang menjadi tujuan ULMWP dalam aksinya mendekat pada MSG. bahkan Jeffrey menganggap ULMWP terlalu ambisius merskipun tidak memiliki target yang jelas.

“Ada atau tidak adanya MSG, perjuangan Papua tetap akan berjalan, apa yang sedang dilakukan ULMWP sekarang ini hanya sebuah propgram murahan. Mereka terlalu ambisius padahal mereka buta dengan situasi disana,” 

Jeffrey menganggap jika MSG tidak akan begitu saja memberi harapan kemerdekaan bagi Papua. Dirinya lantas menjelaskan jika MSG dianggap sebagai organisasi yang dibentuk untuk mendorong pembangunan ekonomi bagi negara-negara Melanesia.

“Dilihat dari kepentingan MSG itu tidak ada pengaruhnya untuk Papua (memberi harapan merdeka). MSG adalah organisasi yang punya orientasi pada kepentingan ekonomi bagi anggota-anggotanya. Itu sebabnya saya tidak paham maksud ULMWP,”

Jeffrey Bomanak dalam keterangannya juga mempertanyakan maksud ULMWP mendekati MSG, sebab pihaknya merasa jika identitas ‘kulit hitam’ bagi orang Papua sedang dimanfaatkan untuk kepentingan tersebut.

“Ini yang mau masuk ULMWP atau pemerintahan sementara bentukan Benny Wenda? Mereka saja tidak bisa mengatur arah perjuangan, mana mungkin bisa membawa kemerdekaan bagi Papua,”

Diakhir penyampaiannya Jeffrey menilai jika perjuangan ULMWP sarat akan kepentingan kelompok. Jeffrey juga mengecam tokoh-tokoh dibalik ULMWP yang menjual nama Papua demi kekayaan pribadi.

0 komentar:

Posting Komentar