Sabtu, 26 Juni 2021

Lukas Enembe Ajak Masyarakat Papua Tolak Provokasi Turun ke Jalan


Dinamika penunjukan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua dianggap menjadi polemik. Menanggapi hal tersebut, Lukas Enembe akhirnya meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi ajakan turun ke jalan.

Lukas beranggapan jika kasus yang terjadi saat ini tidak perlu dibesar-besarkan. Dirinya mengaku jika permasalahan tersebut sedang dikonsolidasikan untuk mencapai jalan tengah atas kepentingan rakyat di Papua. 

Lukas Enembe dalam imbauannya untuk tidak melakukan aksi turun jalan juga karema factor kondisi pandemik virus corona yang masih terus terjadi, bahkan cenderung meningkat dalam waktu ke waktu.

“Melihat kondisi yang saat ini sedang terjadi, kita harus sama-sama sadar jika pandemi virus corona masih terjadi. Jika menjadi klaster baru, maka aksi turun jalan telah membuat penanganan masalah ini semakin rumit,”

Dalam penyampaiannya, secara langsung Lukas meminta kepada masyarakat untuk jeli dan berhati-hati, sebab kegiatan turun jalan sangat rawan dimanfaatkan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab. Lukas menyela kasus kerusuhan pada tahun 2019 lalu yang telah menghambat segala sektor di Papua. 

Oleh sebab itu Lukas meminta kepada masyarakat untuk tidak memberi peluang kepada kelompok yang ingin melahirkan konflik di Papua. Dirinya menegaskan jika kedamaian di Papua harus terus dijaga untuk kepentingan Bersama.

Ttidak perlu ditanggapi, masyarakat jangan terprovokasi. Karena aksi seperti itu rawan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan rakyat menjadi korban karena politisasi kelompok yang ingin memisahkan Papua dari NKRI”

Lukas juga meyakinkan masyarakat jika dalam waktu dekat dirinya akan segera kembali ke Indonesia pasca pengobatannya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gubernur Papua, Rifai Darus.

“Gubernur tidak menginginkan adanya perbedaan pendapat yang menimbulkan perpecahan diantara kita, yang terpenting agar semua pihak dapat menahan diri. Gubernur juga mengatakan jika tidak lama lagi akan Kembali ke Indonesia”

Darus menambahkan jika polemik yang saat ini terjadi tidak boleh mendapat tempat dimasyarakat, dirinya meyakinkan jika masyarakat tidak perlu terpancing amarahnya karena ajakan kelompok tertentu yang merugikan.

“Apa yang terjadi sekarang ini tidak memberi manfaat bagi masyarakat di papua. Ada banyak dukungan yang bisa dilakukan tanpa harus merugikan banyak pihak nantinya. Mari kita semua lebih baik mendoakan Gubernur agar segera pulih,”

0 komentar:

Posting Komentar