Sabtu, 19 Juni 2021

Setiap Orang Berhak Tinggal di Wilayah NKRI, Tokoh Papua Minta Jangan Takut dengan Sebby Sambom


Pernyataan sepihak juru bicara kelompok teroris, Sebby Sambom yang memaksa warga non-Papua untuk segera meninggalkan daerah konflik ditanggapi serius oleh Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi Papua Paskalis Netep.

Menurut Paskalis, pernyataan Sebby sangat tidak relevan dan cenderung mengundang permusuhan bagi Tanah Papua. Disinggung Paskalis bahwa menurut hukum yang sah, setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk menentukan dimana dia akan tinggah.

“setiap orang berhak menentukan dimana dia kan tinggal, itu semua sah dimata hukum. Apalagi di Papua, wilayah ini adalah daerah berdaulat NKRI,”

Dalam penuturannya, Paskalis yang juga merupakan tokoh senior di Papua tersebut justru menekan Sebby Sambom terkait pernyataan kontroversinya tersebut, dimana Sebby dinilai salah karena telah melakukan teroris, ancaman, bahkan pemaksaan kepada warga non-Papua.

“dengan melakukan pengancaman seperti yang dilakukan oleh Sebby Sambom, itu artinya dia sendiri yang sudah melanggar hukum, baik dari sisi kehidupan sosial maupun ketatanegaraan. Apa yang disampaikan Sebby itu juga hanya untuk kepentingan kelompoknya sendiri tanpa melihat dampat secara menyeluruh,”

Paskalis merasa prihatin atas pernyataan kontroversi Sebby Sambom. Menurutnya telah muncul gejolak moral dan batin yang dialami oleh wara di wilayah yang disebutkan sebagai daerah konflik.

“Secara nyata masyarakat telah dirugika, saya soroti bukan hanya kepada warga non-Papua saja, tapi bagi warga pribumi secar atidak langsung juga ikut menanggung beban moral,”

Pada akhir penyampaiannya, Paskalis menuturkan jika warga tidak perlu takut dan khawatir atas ancaman yang dilakukan oleh gembong teroris Sebby Sambom. Pihaknya meyakini sepenuhnya tangan-tangan Pemerintah Daerah, aparat Distrik dan kampung, serta komponen keamanan dari TNI Polri akan berusaha menjaga situasi wilayah tetap aman dan kondusif.

“Setiap warga jangan lagi merasa khawatir dengan ancaman yang dilakukan oleh kelompok tidak bertanggungjawab, ada banyak komponen yang akan menjaga wilayah itu agar selalu aman,” ujar Paskalis mengecam aksi Sebby Sambom yang membuat kegaduahn bagi warga di Papua.

0 komentar:

Posting Komentar