Sabtu, 07 Agustus 2021

Indonesia Negara Yang Berdaulat, Papua Bagian Dari Indonesia, Jangan Ada Kelompok Yang Membawa Isu Papua Merdeka di Papua Nugini


Saya James Marape selaku Perdana Menteri Papua Nugini, menegaskan kembali bahwa negaranya menghormati kedaulatan Indonesia terhadap Papua.

Setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu saja ada isu-isu yang mendukung Papua merdeka, di Papua Nugini sendiri hal ini masih saja dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil di bagian pinggiran negaranya.

Biasanya mereka melakukan kegiatan ini secara tersembunyi dan di daerah yang berbatasan dengan Papua. Saya menganggap bahwa isu Papua merupakan persoalan internal yang dihadapi Indonesia.

Secara tegas saya menyampaikan sikap Pemerintah Papua Nugini terkait permasalahan/isu Papua yaitu Pemerintah Papua Nugini secara tegas akan tetap menghormati kedaulatan negara Indonesia atas Papua dan isu Papua merupakan permasalahan internal dari negara Indonesia.

Jadi untuk negaranya sendiri sangat menolak keberadaan kelompok-kelompok tersebut, pemerintahnya sudah pernah mengusir kelompok ini tahun lalu, namun karena mereka ada yang sebagian menikah dengan warga Papua Nugini, sehingga masih diberi kebijakan untuk tinggal dengan catatan tidak mengganggu hubungan baik antara PNG dan RI.

"hubungan baik antara kedua negara telah berlangsung selama bertahun-tahun dan terus saling menghormati sebagai negara yang berdaulat."

Kalau masih kita temukan kembali, maka mereka yang terindikasi terlibat dengan kelompok-kelompok ini akan mendapatkan sangsi tegas dari pemerintahnya.

James Marape, (Perdana Mentri PNG)

Agustus 2021.

0 komentar:

Posting Komentar