Jumat, 27 Agustus 2021

Ketua Umum KNPB Pusat Dianggap Politisasi Victor Yeimo yang Sakit


Sejumlah pihak menuntut pemerintah Indonesia untuk segera membebaskan Victor Yeimo. Meskipun Victor diketahui sebagai aktor kerusuhan di Papua yang pecah pada tahun 2019 lalu. Selain itu aksi pembebasan Victor juga bertolak belakang dengan harapan banyaknya masyarakat di Papua untuk menuntut hukuman berat pada Jubir KNPB tersebut.

Desakan aksi pembebasan Victor Yeimo tersebut sebelumnya disampaikan oleh Ketua Umum KNPB Pusat, Agus Kossay dalam pernyataannya pada halaman milik KNPB mengatakan jika kondisi kesehatan Victor adalah alasannya.

"Segera bebaskan Victor Yeimo tanpa syarat, segera hentikan aksi kriminalisasi kepada rakyat Papua,"

Namun pernyataan tersebut justru menimbulkan dualisme dari berbagai organisasi perjuangan Papua. Buchtar Tabuni sebagai tokoh ULMWP melihat jika aksi Agus Kossay hanya sebatas mencari muka atas simpatisan KNPB.

"Agus Kossay itu cuma bisa duduk-duduk santai dan tidak punya usaha, baru setelah Victor dipenjara dia mulai cari muka. Mungkin dia mau dipilih lagi, jadi ketua KNPB lagi,"

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo menegaskan jika tuntutan berbagai kelompok yang mengharapkan Victor Yeimo dibebaskan tidak mungkin bisa dipenuhi. Pihaknya menyampaikan jika proses hukum Victor Yeimo tetap harus diselesaikan di pengadilan.

"Kasusnya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Jayapura, sudah bukan lagi di Kejaksaan Tinggi, jadi sesuai mekanisme hukum harus diselesaikan pengadilan,"

0 komentar:

Posting Komentar