Rabu, 04 Agustus 2021

KNPB jadi Ancaman Nyata yang Merusak Kedamaian di Merauke


Komite Nasional Papua Barat (KNPB) banyak disebutkan sebagai kelompok yang terafiliasi dengan gerakan separatisme. KNPB lekat dengan upaya menciptakan aksi yang terstruktur dalam menggerakkan masaa untuk melakukan tindakan melawan hukum.

Kasus KNPB yang sempat meramaikan jagad media sosial sebelumnya ketika kelompok tersebut melakukan aksi intimidasi terhadap anak-anak Papua di Merauke yang kedapatan ingin mendaftar sebagai calon anggota TNI maupun Polri.

"Mereka melakukan doktrinisasi dengan cara mengintimidasi banyak anak-anak Papua yang mau jadi anggota (TNI/Polri). Mereka secara terang-tetangan mengancam kami," ungkap salah seorang pemuda asli Merauke.

Kelompok KNPB di Merauke juga disebutkan sangat aktif dalam menciptakan kegaduhan lewat media sosial. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji dalam keterangan persnya.

"Kelompok ini adalah salah satu ancaman bagi keamanan di wilayah Papua khususnya juga bagi Kabupaten Merauke. Mereka ini aktif melakukan provokasi dengan menyebarkan berita-berita bohong (hoaks)"

Sangaji dalam penuturannya menyebutkan jika pihaknya yang didukung oleh masyarakat Merauke dan sejumlah komponan termasuk para tokoh adat, berusaha untuk menjaga situasi yang damai sekaligus sebagau bentuk tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Tindakan kepolisian dalam menangkal pengaruh dari kelompok KNPB tidak semata berlalu begitu saja. Kami mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan juga para tokoh adat. Maka kepolisian dengan penuh tanggung jawab berupaya untuk terus menjaga kedamaian di Merauke,"

0 komentar:

Posting Komentar