Selasa, 10 Agustus 2021

Mungkinkah Permintaan Pemindahan Victor Yeimo ke Lapas Abepura Untuk Mengikuti Jejak Seniornya Benny Wenda?


Beberapa waktu yanga lalu pada akhir bulan juli diberitakan di media adanya anggota kkb yang kabur dari Lapas Abepura, anggota KKB yang dimaksud yaitu Yonis Murib, saat itu Yonis minta izin untuk bertemu dengan istrinya, namun pada kesempatan itulah dirinya kabur dan melarikan diri.

Lantas saat ini kita mendengar kabar adanya permintaan bebaskan Victor Yeimo dari jerat hukum yang diterimanya, upaya yang dilakukan kelompok aktivis dan simpatisan papua merdeka tidak membuahkan hasil walaupun propaganda-propaganda sudah dilakukan, bahkan sampai kepada keterlibatan oknum pejabat dan elit papua, tak hanya itu lobi-lobi yang dilakukan terhadap dewan gereja papua yang dikenal seperti Benny Giay, Socratez Yoman, Dorman Wandikbo pun ikut memberikan tanggapan di media, namun hal itu tidak mendapatkan hasil untuk membebaskan aktor kerusuhan papua tahun 2019 itu.

Kali ini kita mendengar melalui propaganda-propaganda di media adanya seruan pindahkan tahanan Victor Yeimo ke Lapas Abepura. Hal konyol yang akan dilakukan oleh penegak hukum bila memindahkan Victor Yeimo ke Lapas Abepura, sering terjadi kaburnya tahanan di Lapas Abepura, apakah harus mengulang Kembali kisah seniornya Benny Wenda yang lari ke PNG saat ditahan di Lapas Abepura?

Ini tidak perlu terjadi, karena pengalaman sudah membuktikan banyak tahanan pelaku kerusuhan baik dari kelompok criminal bersenjata maupun dari kelompok politik yang melarikan diri.

Seperti yang disampaikan oleh Kuasa Hukum Victor Emanuel Gobay (LBH Papua) melalui pesan wa bahwa Victor Yeimo dalam kondisi baik dan sehat-sehat saja bahkan hasil pemeriksaan dari Kesehatan yang disaksikan oleh Ketua DPRP Papua, Aspidum Kejati, dan Tim Penasehat Hukum Victor Yeimo menyatakan bahwa Victor dalam kondisi baik.

Jadi, ada apa permintaan pemindahan tahanan Victor Yeimo ke Lapas Abepura? Mungkinkah ada rencana pelarian Victor dibalik ini mengikuti jejak sang senior? 

Sebaiknya hentikan propaganda-propaganda yang dilakukan KNPB atau simpatisan papua merdeka yang berusaha untuk melarikan Victor Yeimo dari jeratan hukum akibat dari perbuatannya sendiri, masyarakat papua sendiri sangat menyesali kejadian kerusuhan yang pernah terjadi pada tahun 2019, harta benda, korban jiwa banyak yang hilang akibat ulah dari sang aktor. Atas kejadian inipun pemerintah papua dibawah kepemimpinan Lukas Enembe pun tidak tegas seolah-olah kerusuhan tersebut hal yang biasa terjadi.

Masyarakat papua yang saat ini menuju kepada generasi cerdas papua tidak terpengaruh atau tidak terprovokasi dengan seruan dan ajakan-ajakan untuk melaskanakan aksi demo atau turun jalan karena itu hanya merugikan diri sendiri dan orang lain yang akan berdampak kepada keterpurukan orang papua itu sendiri.

Malang, 11 Agustus 2021

Mahasiswa Papua/Mantan Mahasiswa Eksodus

1 komentar:

  1. Kerusuhan di Papua itu aktor utama nya di surabaya.jadi pelaku nya adalah campuran hoax dan orang Indonesia itu sendiri.viktor Yeimo adalah rakyat Papua korban RASISME juga.sudara anda tidak tau bahkan tidak paham tidak perlu, membuat segmen seperti ini,malah andalah memisahkan antara kita.

    BalasHapus