Selasa, 03 Agustus 2021

Pemuda Asli Papua Singgung Aktivis di Luar Negeri sebagai Provokator Konflik


Kasus penangkapan anggota Kelompok Kriminal Politik di Kabupaten Merauke ditanggapi aktivis kemerdekaan Papua, Veronica Koman. Dalam keterangannya Veronica menuliskan jika penangkapan terhadap anggota KKP-KNPB sebelumnya mendapat penyiksaan oleh aparat kepolisian.

Meksi demikian, tanggapan berbeda terlontar dari elemen masyarakat di Merauke. Esa Mahuse dalam keterangannya menyampaikan jika pihaknya mendukung upaya Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji dalam menjaga situasi keamanan.

“Sebenarnya Merauke ini wilayah yang aman-aman saja, kami di Merauke ini hidup tenang. Hanya saja memang belakangan banyak pihak yang muncul lewat sosial media, secara tidak langsung itu jadi provokasi yang merugikan,”

Terkait penangkapan sejumlah anggota dari kelompok KKP-KNPB Merauke, Mahuse mengatakan jika tindakan Kapolres dan jajarannya semata-mata untuk menjaga keamanan dan ketenteraman bagi masyarakat umum. Mahuse menilai jika aksi provokasi oleh KKKP-NPB berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas.

“Saya tahu sendiri bagaimana kelompok ini bergerak, dan yang dilakukan Polres sudah sangat bagus. Mereka sudah bisa menghentikan potensi kekacauan sejak dini. Kalau sampai rusuh kan nanti msyarakat sendiri yang rugi,”

Menurut Mahuse, setiap tindakan diluar batas tata aturan harus dilakukan tindakan. Dirinya berpendapat jika sudah sepantasnya bagi setiap orang yang melanggar hukum harus bisa pula mempertanggung jawabkan perbuatannya dihadapan hukum.

“Apapun tindakannya, kalau memang dia melanggar hukum, ya harus diproses juga secara hukum,”

Disinggung terkait provokasi Veronica Koman dalam setiap unggahannya di sosial media, Mahuse mengatakan jika sebagiknya masyarakat Papua menghindari hal semacam itu. Dia juga meminta kepada setiap orang untuk memahami kondisi di Papua dalam prospektif nilai positif.

“Saya sebagai warga Merauke, tidak banyak yang saya kenal dari Veronica. Memang dia ini sedekat apa dengan warga Papua? soal keberadaannya saja ada jauh di luar negeri sana. Lalu bagaimana bisa menahami situasi di Papua?”

Mahuse juga meminta kepada Veronica Koman untuk berhenti memprovokasi masyarakat Papua. bahkan Mahuse mengungkapkan jika kelompok KNPB yang dibela Veronica sebenarnya sudah dianggap sangat mengganggu kedamaian di Tanah Animha.

0 komentar:

Posting Komentar