Senin, 09 Agustus 2021

Pihak Tertentu Stop Mainkan Isu Victor Yeimo


Syaloom

Salam sejahtera buat kita semua

Adanya isu yang dibangun tentang Victor Yeimo  oleh pihak-pihak tertentu dengan memanfaatkan momen jelang 17 Agustus 2021 yaitu Peringatan HUT RI ke 76, saya minta itu dihentikan.

"Cara-cara ini sudah sering dilakukan oleh kelompok KNPB, kali ini mengangkat isu kondisi Victor Yeimo selama di tahan di Mako Brimob Polda Papua,"

Isu ini sudah mulai dihembuskan di media sosial dengan tema Boikot hut RI, Bebaskan Victor Yeimo, Pindahkan Victor Yeimo dan mengajak aksi turun jalan.

Terkait dengan isu tersebut, saya sudah menghubungi kuasa hukum Victor Yeimo yaitu Emanuel Gobay dari LBH Papua menyampaikan kalau Victor Yeimo sampai hari ini dalam kondisi baik dan sehat. Justru Emanuel Gobay yang merasa kwatir dengan dirinya karena belum lama ini dirinya mengetahui ada kelompok yang mau menawarkan untuk bersama-sama memberikan pembelaan terhadap Victor Yaimo.  

Kelompok yang dimaksudkan Emanuel yaitu PAHAM (Michael himan dan Gustaf Kawer) yang mencoba masuk, padahal Emanuel Gobay sendiri diketahui mendampingi Victor Yeimo dari awal hingga saat ini yang tidak lama lagi akan Tahap II.

Melihat kondisi ini, selaku pemgamat Papua saya tidak ingin kerusuhan dan kekacauan kembali terjadi seperti tahun 2019 lalu, dimana banyak pada saat itu masyarakat Papua yang termakan provokasi dan hasutan dari KNPB, bahkan mahasiswa sendiri yang merupakan generasi cerdas pun ikut terprovokasi yang akhirnya menjadi korban provokasi.

Emanuel Gobay juga menyampaikan dalam waktu dekat akan melakukan jumpa pers untuk menyampaikan kondisi Victor Yeimo yang baik dan sehat serta meminta kepada pihak-pihak untuk tidak memperkeruh situasi ini hanya demi mencari popularitas semata.

Biarkan proses hukum ini berjalan sesuai aturan, Victor Yeimo pun telah mengakui semua perbuatannya dan ini meringankan hukumannya. Sebagai pengamat Papua dan juga mahasiswa S2 di Manado saya mengajak semua pihak untuk tetap tenang dan mengulangi kesalahan yang pernah terjadi. Papua akan maju kalau masyarakatnya cerdas.

Manado, 09 Agustus 2021

0 komentar:

Posting Komentar