Selasa, 03 Agustus 2021

Satu KKB Tewas dalam Operasi Keamanan TNI-Polri di Kabupaten Puncak Jaya


Aparat keamanan yang tergabung dalam Satuan Tugas Nemangkawi berhasil menembak mati salah seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Bernama Kopengga Enumbi di Kampung Puncak Senyum, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya. (3/8)

Diketahui jika Kopengga Enumbi yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus pencurian senjata dengan kekerasan di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak Jaya pada 2014.

Dalam upaya penindakan yang dilakukan oleh TNI -Polri, Enumbi sebelumnya sempat melakukan perlawanan sehingga aparat melakukan tindakan tegas yang mengakibatkan anggota KKB tersebut meninggal dunia di tempat.

“Telah dilakukan langkah tegas sebagai upaya penegkan hukum terhadap Kopengga Enumbi. Dia adalah salah satu DPO kepolisian. Pelaku juga sempat melawan, sehingga aparat melakukan tindakan terukur di lokasi,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal.

Aparat kepolisian bersama dengan TNI lantas mengamankan sejumlah barang bukti berupa 11 butir amunisi kalibar 5,56 mm, 1 buah pisau, 1 buah helm, 1 buah tas noken, dan 1 buah telepon genggam. Sejumlah barang bukti tersebut diamankan untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut.

“Sudah diamankan barang bukti milik pelaku, saat ini diamankan untuk dilakukan proses hukum juga penyelidikan lebih lanjut,”

Kamal menambahkan jika anggota KKB Yambi yang berada dibawah pimpinan Lekagak Telenggen tersebut telah dievakuasi ke RSUD Mulia untuk dilakukan tindakan medis dan upaya visum et repertum.

Dalam keterlibatannya sebagai KKB yang kerap melakukan aksi kekerasan dan ancaman terhadap warga di Papua, Enumbi diketahui memiliki peran sebagai pemenuhan kebutuhan logistik bagi pergerakan kelompok Lekagak Telenggen.

0 komentar:

Posting Komentar