Sabtu, 14 Agustus 2021

Sebar Isu Viktor Yeimo Meninggal, Buchtar Menuding Agus Kossay Coba Kacaukan Papua


Beredarnya isu Victor Yeimo di dalam sel tahanan Mako Brimob Polda Papua, adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh kelompok KNPB yang mencoba memprovokasi masyarakat baik yang di kota Jayapura dan kabupaten Jayapura.

Sebaran isu ini sama dengan isu yang dihembuskan beberapa waktu lalu tentang Gubernur Papua meninggal. Isu ini sengaja dibuat dan disebarkan dengan tujuan agar masyarakat khususnya dari pegunungan untuk melakukan aksi turun jalan.

Kali ini Victor Yeimo yang menjadi korban isu hoax. Emanuel Gobay selaku kuasa hukum Victor Yeimo menyayangkan adanya penyebaran isu atas kliennya yang diberitakan meninggal dunia, ini tidak benar karena dirinya Samapi saat ini masih berkomunikasi dengan Victor Yeimo.

"Ini tidak benar, isu Victor Yeimo dikabarkan meninggal sengaja dihembuskan untuk membuat kekacauan, sehingga akan berdampak kepada proses penahanan kliennya."

Kalau masyarakat terprovokasi dengan isu Victor Yeimo meninggal sehingga terjadi aksi kerusuhan, maka akan berdampak kepada kepada proses hukum Victor Yeimo yang akan dialihkan penahanannya di luar Papua, itu tujuannya.

"Jadi masyarakat jangan mudah diprovokasi dengan isu tersebut, kita serahkan proses hukum ini sesuai aturan yang berlaku."

Buchtar Tabuni yang dikonfirmasi juga mendapatkan informasi bahwa Victor Yeimo telah meninggal, langsung mencari tau kebenarannya, dan diketahui Victor Yeimo dalam keadaan baik dan masih di tahan di Mako Brimob Polda Papua.

Buchtar mengatakan isu ini sengaja dimainkan oleh Agus Kossay untuk mempengaruhi masyarakat khususnya dari wilayah pegunungan agar melakukan aksi turun jalan untuk mengacaukan situasi di Papua.

Jika ini terjadi lagi, maka kerusuhan tahun 2019 akan terulang, dirinya berpesan agar Agus Kossay dan KNPB tidak membuat isu yang bisa berdampak kepada proses hukum Victor Yeimo yang bisa dialihkan ke luar Papua.(Nn)*

0 komentar:

Posting Komentar