Minggu, 08 Agustus 2021

Victor Yeimo Pantas Dihukum sebagai Aktor Kerusuhan di Papua


Kelompok separatis dan setiap sempatisannya tengah sibuk mengumbar kegaduhan untuk mendesak kepolisian agar dapat membebaskan Juru Bicara organisasi separatis KNPB Victor Yeimo.

Victor Yeimo merupakan salah satu aktor kerusuhan di Papua pada tahun 2019 yang sempat melumpuhkan kota Jayapura dan Wamena. Kerusuhan yang terjadi telah membuat perokonomian terhenti total hingga meninggalkan rasa traumatis bagi warga setempat.

Dalam aksinya Victor Yeimo sebagai tokoh organisasi separatis KNPB diduga kuat telah menggerakkan massa untuk melakukan tindakan melanggar hukum. Sebab pada peristiwa tersebut terjadi mobilisasi massa yang berakibat terjadinya aksi pembakaran, pengrusakan, penyerangan, pembunuhan, bahkan upaya makar terhadap negara.

Atas aksi tersebut tokoh pemuda Papua Ali Kabiay mendukung upaya proses penegakan hukum terhadap Victor Yeimo. Kabiay menilai jika Victor harus bertanggung jawab atas siasatnya menciptakan kerusuhan di Papua.

Ali menganggap jika keterlibatan Victor Yeimo atas kerusuhan yang juga berdampak korban jiwa serta harta benda sudah sepantasnya dilakukan proses hukum sebagai bentuk pertanggungjawaban.

"Victor itu statusnya juga sebagai WNI, sehingga dari kesalahannya terkait provokasi dan tindakan melanggar hukum maka sudah sepantasnya dia mempertanggung jawabkan perbuatannya dihadapan hukum,"

Tindakan yang dilakukan Victor Yeimo juga diperparah dengan aksi kaburnya ke Papua Nugini. Pelarian tersebut dianggap sebagai upaya melenggang dari proses hukum.

"Sudah jelas ada niatan yang tidak baik dari Victor, setelah kerusuhan itu kan dia juga kabur ke Papua Nugini. Dia lari dari kejaran polisi yang saat itu tentu sedang melakukan penyelidikan,"

2 komentar: