Jumat, 03 September 2021

Jubir Sebby sambom: TPNPB Versi Damianus Yogi Dianggap Musuh Karena Berkhianat


Dualisme kepemimpinan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) secara tegas ditolak oleh Sebby Sambom segai juru bicara. Sambom mengatakan jika perjuanan Papua jangan lagi dipersulit, terlebih hanya karena saling klaim.

“Sata sampaikan kepada Damianus Magai Yogi agar jangan persulit kemenangan, cukup sudah untuk menghambat perjuangan. Jangan ada klaim secara sepihak karena TPNPB punya mekanisme dan struktur yang jelas,”

Sabby menegaskan jika Damianus Yogi yang menyelenggarakan KTT terkait pengangkatannya sebagai panglima TPNPB-OPM tidak memiliki dasar yang jelas.

“Mereka membuat acara sendiri, membuat seremonial sendiri, dan melantiknya sendiri. Ini secara dasar hukum tidak benar bahkan cenderung mempermainkan organisasi sendiri,”

Pihaknya juga mengatakan jika seluruh komando dan perencanaan operasi masih eksis dipegang oleh kelompoknya dan tidak pernah sekalipun berpindah tangan kepada Damianus Yogi.

“Saya sampaikan lagi jika komando masih kami yang pegang, kalau memang Damianus punya inisiatif lain, saya sarankan dia untuk bentuk organisasi lain tanpa harus membawa-bawa nama TPNPB-OPM. Dia tidak punya peran penting saat ini,”

Sebby lantas menjabarkan jika struktur TPNPB-OPM masih dikepalai oleh Goliath Tabuni. Selain sebagai pejuang, Goliath Tabuni dianggap pihaknya sebagai tokoh tua yang patut dihormati kedudukannya.

“Bicara soal Papua, kita paham tentang hukum alam. Orang tua (Goliath Tabuni) masih punya pengaruh bagi perjuangan organisasi ini. Saya menentang itu Damianus Yogi yang berani-berani menggulingkan struktur komando,”

Pada akhir penyampaiannya Sabby Sambom menegaskan terkait setiap kelompok yang bertolak belakang dengan TPNPB, maka mereka adalah musuh yang perlu diwaspadai.

“Ada musuh dalam selimut, ada pengkhianat, itu kami sudah tahu orang-orangnya. Maka setiap siapa yang tidak setuju dengan TPNPB-OPM mereka itu juga musuh,”

0 komentar:

Posting Komentar