Kamis, 09 September 2021

KNPB Sebagai Organisasi Sarang Pelaku Kriminalitas


Sebagai salah satu organisasi terafiliasi dengan gerakan separatisme, KNPB yang diketuai oleh Agus Kossay menjadi sarang dari para pelaku kejahatan. Berbagai kasus telah melilit tubuh KNPB dengan permasalahan terkait ancaman dan kekerasan.

Pengamat menilai meningkatnya intensitas gangguan keamanan yang dilakukan oleh KNPB memiliki pengaruh dari keberhasilan Polisi dalam menangkap Viktor Yeimo sebagai aktor dalam aksi kerusuhan di Papua pada tahun 2019 silam.

“Secara tidak langsung ada kaitannya dengan penangkapan Viktor Yeimo, mereka orang-orang KNPB itu simpatisan buta, sehingga tidak rasional cara berpikirnya,” ujar Yulian Ardianto.

Sebelumnya disebutkan juga bahwa penangkapan dua orang anggota separatis di Kabupaten Pegunungan Bintang yang membawa lima pucuk senjata laras Panjang juga memiliki kaitannya dengan KNPB.

“Itu perlu ditelusuri bagaimana KNPB mulai memikirkan melakukan gangguan keamanan menggunakan senjata,”

Meningkatnya eksistensi KNPB sebagai organisasi separatisme telah dianggap sebagai ancaman nyata yang dirasakan langsung oleh masyarakat di Papua. Kasus lain, di Kabupaten Maybrat saat ini masyarakat setempat mendapat teror ancaman pembunuhan oleh KNPB.

Disebutkan oleh salah seorang tokoh masyarakat, Yakson Jitmau mengungkapkan bahwa KNPB telah menebar ancaman teror agar warga tidak kembali ke kampung.

“kemarin kami semua ketakutan, kami mengungsi, lari ke hutan. Sekarang kami mau pulang tapi dilarang KNPB. Mereka bilang akan membunuh warga kampung kalau kami berani pulang,”

Kondisi tersebut tentu sudah sangat mengkhawatirkan, KNPB yang terus melancarkan aksi teror dianggap oleh masyarakat telah mengganggu aktivitas keseharian. Oleh sebab itu Yakson meminta kepada aparat TNI-Polri untuk segera menangkap para pelaku teror tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar