Jumat, 17 September 2021

Kodap II Baliem Tepis Pernyataan Damianus Yogi Bentuk Kodap Baru di Wamena

 




Kodap II Baliem angkat suara atas pernyataan Damianus Magay Yogi untuk membentuk Kodap tandingan dibawah pimpinannya. Menurut salah seorang sumber yang merupakan anggota TPNPB-OPM Kodap II, pihaknya membantah segala permintaan Damianus Yogi dan dianggap tidak memiliki dasar.

Pembentukan Kodap II sebagai tandingan dinilai upaya percuma yang dilakukan oleh Damianus Yogi, bahkan menurut berbagai sumber peran Damianus Yogi tidak akan berpengaruh besar untuk perjuangan di Wamena.

“Siapa yang mau peduli dengan Damianus Yogi, dia mengklaim punya kuasa sebagai Panglima Teritinggi TPNPB-OPM, siapa yang mengakuinya? Kalau mau buat Kodap tandingan di Wamena, itu tidak akan membuahkan hasil,” ungkap Erman Walilo sebagai anggota Kodap II Baliem.

Pihaknya menuturkan jika kesepakatan bersama tentang polemik kepemimpinan di tubuh TPNPB sudah diputuskan oleh seluruh anggota dan pimpinan Kodap II Baliem. Menurut Erman, Kodap II masih mengakui kepemimpinan Goliat Tabuni sebagai panglima.

“Kami sudah melakukan pertemuan minggu lalu, Kodap II sudah tegaskan kalau tidak akan membiarkan Damianus Yogi untuk bertindak seenaknya di Wamena. Kami akan tolak, kami akan lawan demi perjuangan yang murni,”

Erman menambahkan jika Kodap II Baliem akan mengambil langkah tergas jika Damianus Yogi masih terus berupaya mengganggu. Dijabarkan dari pernyataan Yusen Tabuni sebagai Pangkodap II Baliem, bahwa pembentukan kodap baru akan dianggap sebagai aksi liar yang tidak terstruktur.

“Kodap baru artinya itu Kodap liar, tidak boleh terjadi dualisme dalam perjuangan ini. Lebih baik Damianus Yogi dia bisa sadar diri dan menghentikan segala aksinya. Jangan sampai ada pertumpahan darah sesame orang Papua,”

Damianus Yogi dalam setiap aksinya disebut oleh Erman hanya sedang mencari sensasi untuk keuntungan pribadi. Lebih dari itu Damianus Yogi dianggap sedang melakukan kerjasama gelap untuk terus melemahkan perjuangan TPNPB.

"Saya yakin kalau Yogi cuma mau cari keuntungan dari kontroversinya sekarang, dia pasti sedang bekerjasama dengan kelompok lain untuk menjatuhkan TPNPB-OPM,”

0 komentar:

Posting Komentar