Sabtu, 11 September 2021

Sabby Sambom: Perjuangan di Papua Terancam Pengkhianatan Kelompok Sendiri


Juru Bicara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Sebby Sambom angkat suara terkait dua peristiwa penangkapan anggota KKB oleh aparat keamanan TNI Polri yang terjadi hanya dalam kurun waktu singkat. Dalam penangkapan tersebut juga didapati total 8 buah senjata laras panjang sebagai barang bukti.

Peristiwa penangkapan pertama terjadi di Kabupaten Jayapura (6/9) dimana Kepolisian berhasil meringkus AT dan DT sebagai penyupai persenjataan KKB, tak lama sehari berselang penangkapan dua orang lainnya berinisial YU dan KU oleh TNI di Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Atas peristiwa tersebut, sebagai Juru Bicara KKB Sabby justru memberi pernyataan lain. Dirinya meyakini jika penangkapan terhadap empat KKB sebelumnya merupakan buah karma dari perilaku mereka sendiri yang dianggap Sabby telah mencoba melakukan perlawanan dan kudeta.

“Mereka itu adalah orang-orang dibalik aksi perampokan dan misi kudeta terhadap panglima tertinggi. Awal tahun lalu (di Bougenville) saya sempat dirampok sampai saya trauma, aksi perampokan itu memang mereka sendiri yang melakukannya,”

Sambom kembali menjelaskan jika KKB yang telah ditangkap aparat keamanan adalah anggota Jeffrey Bomanak, disebutkan jika kelompok Jeffrey dianggap sedang merasa iri hati dan tidak puas atas perjuangan pergerakan pembebasan Papua. Jeffrey akhirnya berambisi buta untuk menjadi Ketua dari gerakan separatisme yang saat ini ada.

“Dia hanya iri hati dan berambisi pada diri sendiri, makanya dia dan anggotanya melakukan aksi serta skenario-skenario yang merusak. Ini adalah hukuman baginya, empat orang anggotanya ditangkap,”

Diduga masih terbawa emosi saat dirinya menjadi korban perampokan, Sebby Sambom mengaku sempat mengutuk aksi Jeffrey Bomanak yang telah merugikannya.

“Agar mereka paham bagaimana melakukan pergerakan secara benar, sekarang biarkan hukum Allah, hukum karma, dan hukum rohmat dari nenek moyang bangsa Papua yang membalas perilaku biadab Jeffrey dan kelompoknya,”

Terkait peristiwa tersebut, Sebby Sambom menilai agar penangkapan terhadap anggota Jeffrey Bomanak menjadi perhatian bagi anggota KKB diseluruh Papua. Dirinya bahkan mengaku tidak akan pernah merasa keberatan jika aparat keamanan TNI Polri akhirnya berhasil menangkap para pengkhianat dibarisannya.

0 komentar:

Posting Komentar