Sabtu, 23 Oktober 2021

Pasca Penyerangan Nakes, Warga 4 Distrik di Pegubin Mengamankan Diri Hingga Ke Perbatasan PNG


#PapuaAntiHoax

Warga yang berada di empat distrik wilayah pegunungan bintang mengamankan diri ke beberapa distrik tetangga bahkan sampai ke perbatasan PNG-RI setelah adanya penyerangan, pembunuhan dan pembakaran rumah yang dilakukan oleh kelompok Lamek Taplo pada 13 September lalu.

Atas laporan warga, Dewan Adat Pegunungan Bintang mengatakan mereka meninggalkan kampungnya setelah kelompok lamaek Taplo membakar rumah-rumah mereka serta mengambil ternak dan hasil kebun, sebagian mereka ke distrik tetangga yang dianggap aman dan ada yang ke wilayah dekat perbatasan, Jumat 22/10.

Namun mereka terus dikejar oleh kelompoknya Lamek Taplo sehingga mereka dikumpulkan jadi satu dan ditawan oleh Lamek Taplo selama seminggu. Mendengar kabar adanya aparat keamanan yang melakukan pengejaran, mereka meninggalkan para warga kampung.

"Puji Tuhan, kami ditinggalkan oleh Lamek Taplo setelah mendengar adanya aparat yang mengejar mereka," menirukan ucapan maklo uopmabin warga yang melapor ke dewan adat.

Dengan kondisi saat ini, warga merasa aman karena karena kelompok Lamek Taplo sudah meninggalkan mereka, dan beberapa bantuan Bama berupa sembako juga sudah disalurkan.

"Kemaren bupati turun ke bandara untuk melihat secara langsung pendistribusian sembako untuk warga yang mengalami dampak pasca Penyerangan dan pembunuhan terhadap pegawai kesehatan,"

Warga juga meminta kepada pemerintah agar membangun kembali rumah-rumah yang telah dibakar oleh Lamek Taplo, saat ini sebagian mereka ada yang tinggal di rumah kerabat dan sebagian ada yang membangun tenda.

Adanya informasi yang disampaikan lewat media bahwa warga mengungsi akibat dari serangan aparat TNI dan Polri, itu tidak benar, sebaliknya TNI dan Polri datang membantu warga dengan memberikan beberapa bahan makanan dan saat ini warga sudah lebih baik lagi setelah adanya pengiriman bantuan ke beberapa distrik seperti Okyop dan Okika.

0 komentar:

Posting Komentar