Sabtu, 16 Oktober 2021

Socratez Yoman: Dulu OPM Sekarang ULMWP


Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai oleh tokoh agama sekaligus Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis di Papua, Socratez Yoman, sebagai organisasi usang yang tidak lagi efektif untuk dipaksa terus-menerus melakukan perjuangan. Menurutnya zaman sudah berubah dan dunia terus berputar.

“OPM yang ada saat itu tidak bisa dipaksakan lagi untuk saat ini. Arah perjuangan sudah berbeda 180 derajat. Perkembangan zaman sudah berubah drastis, tidak seperti dulu lagi. Ini yang harus dipahami oleh semua elemen perjuangan,”

Menurut Yoman, perjuangan yang diwariskan oleh orang-orang tua terdahulu, menganggap bahwa OPM sudah selayaknya digantikan oleh organisasi ULMWP. Dirinya mengatakan jika ULMWP memiliki jangkauan yang lebih luas yang dirasa akan memberikan dampak bagi perjuangan pembebasan Papua.

“OPM punya orang-orang tua kita, dan sekarang sudah digantikan dengan ULMWP. Organisasi ULMWP ini sudah jauh lebih kompleks, kita punya semua sekarang, berbeda dengan OPM yang seakan hanya jalan ditempat,”

Menurut Yoman perjuangan OPM yang lekat dengan gerakan bersenjata juga menjadi faktor lain mengapa perjuangan di Papua tidak menemui hasil. Hal tersebut dikatakannya sebab Papua sudah menjadi sorotan dunia karena merebaknya simbol kekerasan atas dasar perjuangan.

“Memperjuangan sesuatu saat ini tidak bisa lagi menggunakan senjata. Justru penggunaan senjata itu yang akhirnya meruntuhkan perjuangan. Kasus pembunuhan tenaga medis di Kiwirok contohnya, itu sudah menghancurkan kepercayaan dunia, karena jelas-jelas pihak kita yang melakukannya,”

0 komentar:

Posting Komentar