Sabtu, 20 November 2021

Dewan Gereja Tolak OPM sebagai Organisasi Perjuangan


Pendeta Socratez S. Yoman sebagai tokoh kawakan dalam organisasi Dewan Gereja menanggapi dinamika dan pergerakan pembebasan Papua yang dilakukan oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM). Menurutnya dalam beberapa waktu terakhir, telah banyak kelompok yang muncul namun justru untuk membuat kerancuan. (21/11)

Dewan Gereja sebagai salah satu organisasi keagamaan yang terafiliasi dengan ULMWP menyebut ketidak setujuannya jika OPM pimpinan Jeffrey Bomanak dapat masuk dan dianggap sebagai salah satu organisasi perjuangan. Socratez beranggapan jika OPM kerap membuat kekacauan dengan membenarkan cara-cara kekerasan.

“Satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh Jeffrey (Pimpinan OPM) adalah melegalkan penggunaan kekerasan, bahkan kita semua pernah tahu kalau korbannya adalah orang Papua sendiri. Hanya saja memang itu karakteristik Jeffrey, maka dia dan organisasinya tidak layak untuk memperjuangkan Papua,”

Socratez dalam keterangannya mengatakan bahwa perjuangan membebaskan Papua harus didasari dengan asas kemanusiaan, dirinya menegaskan sebab esensi dalam memperjuangkan Papua adalah untuk memperjuangkan manusianya.

“Jeffrey juga harus paham tentang apa yang diperjuangkan untuk Papua, bukan hanya kekayaan alamnya saja. Memperjuangkan Papua adalah aksi untuk memperjuangkan manusianya, itu yang terpenting. Kalau pola pikir Jeffrey masih sebatas membela alam dan kekayaan, maka tidak beda dengan watak-watak kolonial,”

Pernyataan keras Socratez tersebut bukan kali pertama terjadi, dirinya diketahui kerap mengkritisi aksi-aksi OPM yang dianggapnya telah merugikan. Meski setiap kritikannya tidak selalu ditanggapi, Socratez mengancam akan ada tekanan yang lebih besar jika OPM tidak mau mengubah cara pandangnya dalam melakukan perjuangan.

“Saya sudah sering peringatkan mereka tapi tidak pernah didengar, itu bukan masalah bagi saya, tapi ingat nanti akan ada tekanan dari dunia internasional. OPM harus bisa berubah atau akan dibinasakan oleh waktu,”

Socratez juga menegaskan jika perjuangan yang dianggapnya murni hanya berada ditangan ULMWP. Organisasi pimpinan Benny Wenda tersebut dinilai lebih rapi dan terorganisir dalam melakukan pergerakan. Bahkan Socratez menjabarkan terkait banyaknya organisasi-organisasi lain yang dibentuk untuk menyokong ULMWP.

0 komentar:

Posting Komentar