Kamis, 18 November 2021

HUT KNPB: “Harusnya Mereka Malu”


Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tengah merayakan tiga belas tahun berdirinya organisasi tersebut. Namun sejumlah kritikan muncul bahkan dari salah seorang tokoh senior yang pernah menjadi bagian dari KNPB dimasa-masa awal pembentukannya.

Buchtar Tabuni yang merupakan ketua umum pertama KNPB pada tiga belas tahun yang lalu mengungkapkan jika situasi dalam tubuh KNPB saat ini sudah berbeda derastis. KNPB mulai dinilainya sebagai organisasi konyol yang tidak memberi perubahan bagi Papua.

“Tiga belas tahun bukan waktu yang sebentar, tetapi sudah tiga belas tahun juga KNPB sama sekali tidak pernah memberikan arti bagi perjuangan. KNPB sekarang berbeda jika dibandingkan dulu,”

Buchtar bahkan menyebutkan jika seharusnya orang-orang dalam KNPB merasa malu sampai harus merayakan hari ulang tahun. Dirinya mempertanyakan jika tidak ada hal yang seharusnya dirayakan dalam masa-masa seperti sekarang.

“Satu-satunya alasan untuk merayakan hanya ada pada lamanya KNPB itu berdiri, selebihnya tidak tahu apa yang patut untuk dirayakan. Sehatusnya mereka malu,”

Sepeninggalan Buchtar dari KNPB dan  bergabung dengan ULMWP, dirinya menyebutkan jika organisasi yang berada dibaeah pimpinan Agus Kossay tersebut telah mengalami masa kemunduran.

“Apa yang sudah dibangun dulu tidak dimanfaatkan dan hanya dibiarkan begitu saja, artinya KNPB sekarang ini justru sedang berada pada fase kemunduran,”

Bahkan Buchtar menyebutkan jika tujuan utama KNPB sebagai organisasi perjuangan sipil sudah berubah haluan dan tidak lagi menggambarkan semangat seperti pada masa awal dibentuknya dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar