Jumat, 12 November 2021

Kelompok Separatis Semakin Disorot sebagai Sumber Masalah di Papua


Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akhirnya turun tangan untuk menyelidiki aksi kekerasan terhadap tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, yang dilakukan oleh kelompok separatis. Dalam penelurusan Komnas HAM tersebut, diketahui terdiri dari tim dari pusat dan didampingi sejumlah perwakilan di Papua.

Meski sudah terlampau lebih dari dua bulan pasca aksi kejadian, upaya Komnas HAM tetap mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh di Papua. Hal tersebut dikatakan sangat penting untuk terus mengungkap aksi-aksi biadab yang telah dilakukan kelompok separatis.

“Atas nama kemanusiaan kami sangat mengapresiasi langkah serius yang sudah dilakukan oleh Komnas HAM. Sebab kematian serorang tenaga medis tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab bagaimana proses biadab itu terjadi sudah diluar batas kemanusiaan,” ungkap Agustinus R. (13/11)

Menanggapi aksi kekerasan oleh kelompok separatis yang cukup meningkap dalam kurun waktu terakhir, Agustinus mengatakan jika hal tersebut sudah sangat merugikam. Sebab Kabupaten Pegunungan Bintang bukan satu-satunya wilayah terdampak aksi separatisme, dikabarkan jika gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok separatis sedang terjadi di Kabupaten Intan Jaya.

“Karena memang bukan hanya Pegunungan Bintang, sekarang ini ada ratusan warga di Intan Jaya yang masih diselimuti rasa ketakutan karena aksi-aksi kelompok separatis disana, mereka terpaksa harus berlindung di gereja-gereja,”

Agustinus menyebutkan jika kecenderungan kelompok separatis dalam menyasar warga sipil sebagai korbannya sudah tidak bisa ditoleransi. Hal tersebut diungkapkan mengingat dalam peristiwa di Intan Jaya setidaknya ada dua korban jiwa dari pihak sipil akibat salah tembak.

“Ada penembakan kepada anak-anak, satunya ke mama-mama. Ini kalau kita telurusi selalu sumber permasalahannya ada pada kelompok separatis. Perjuangan yang mereka lakukan atas nama orang Papua itu tidak sepenuhnya benar, kalau dampaknya seperti sekarang ini, saya lebih meyakini jika kelompok separatis memang harus segera dihilangkan keberadaannya,”

Menurut Agustinus dengan hadirnya Komnas HAM ke Papua, hal tersebut diharapkan dapat memberikan angin segar untuk kembali membangun kedamaian di Tanah Papua. Sebab tidak ada pilihan lain selain kelompok separatis yang akan semakin disorot karena fakta dari aksi-aksinya yang sudah sangat biadab.

0 komentar:

Posting Komentar