Senin, 22 November 2021

Socratez Yoman Mempertuhankan ULMWP


Sadar perjuangan untuk memebaskan Papua menemui batu terjal, KNPB menilai jika ada upaya menghancurkan aksi dan pergerakan yang berasal dari faktor internal. Agus Kossay sebagai Ketua KNPB Pusat menyampaikan jika perjuangannya tergeser oleh propaganda yang dilakukan ULMWP. (23/11)

Menurutnya, ULMWP cukup memberi pukulan telak bagi KNPB hingga organisasinya kalah pamor. Hal lain yang membuat Agus Kossay geram adalah kehadiran Socratez Yoman sebagai tokoh agama yang selalu berlindung dibalik nama besar ULMWP.

"Tidak bisa dipungkiri memang akhir-akhir ini KNPB terdesak keadaan, kami seakan tidak diberikan ruang oleh ULMWP untuk berekspresi. Lebih dari itu semua, kami juga berulang kali dibenturkan dengan keadaan. Ketika ada nama seorang Socratez yang gencar melakukan propaganda lewat isu agama, itu juga semakin menjerumuskan KNPB,"

Agus Kossay mengatakan bahwa Socratez memiliki fanatisme yang berlebihan dengan ULMWP, sehingga menganggap jika tidak ada kelompok pejuang lain selain organisasi milik Benny Wenda tersebut.

"Fanatisme yang diusung Socratez cukup membuat organisasi lain dipandang sebelah mata, kalau maksudnya memang untuk mengeliminasi keberadaan organisasi lain maka hal itu sangat salah. Bahkan KNPB sudah ada lebih dahulu sebelum ULMWP dibentuk,"

Atas konflik antar organisasi perjuangan yang rawan terjadi dikarenakan keterlibatan Socratez, Agus Kossay lantas memperingatkan kepada salah seorang tokoh Dewan Gereja tersebut untuk tidak terlalu berlebihan dalam mendukung kubu tertentu. Terlebih dirinya adalah sosok agamawan yang harusnya pandai menempatkan posisi dan membaca situasi.

"Bukan tidak mungkin konflik antara ULMWP dan organisasi perjuangan lainnya pecah terjadi hanya dikarenakan pengaruh Socratez. Mungkin setelah ini dia bisa lebih berhati-hati, apalagi disandangnya juga gelar-gelar sebagai agamawan,"

0 komentar:

Posting Komentar