Selasa, 23 November 2021

Tuduhan Main Belakang dan Aksi Kudeta sebagai Ketua KNPB


Spekulasi atas isu konflik internal yang terjadi dalam tubuh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) akhirnya ditanggapi oleh Agus Kossay, sebagai Ketua Umum KNPB Pusat dirinya menyebutkan ada pembentukan kubu-kubu baru di KNPB untuk kepentingan yang beragam. (24/11)

“Memang benar kabar itu. Saya memang tidak cukup mendengar sebelumnya, tapi memang sekarang ini ada beberapa kubu yang dibentuk dalam KNPB. Informasi tentang konflik internal juga sudah saya petakan siapa saja yang terlibat didalamnya,”

Agus Kossay menyadari jika terbentuknya sejumlah kubu dalam tubuh KNPB mulai menjalar kuat ketika dirinya menjalani masa penahanan di Pulau Kalimantan atas peradilian terkait peristiwa kerusuhan pada tahun 2019.

“Praktis ketika saya berada dalam sel penahanan posisi ketua umum kosong, dan digantikan sementara dalam setiap pengambilan keputusan. Karena merasa leluasa, maka momen itu adalah waktu awal terbentuknya kubu-kubu baru,”

Agus Kossay dalam keterangannya juga mengatakan jika dirinya dituduh telah bermain mata dengan aparat keamanan. Meski demikian dirinya menolak kerasa kabar tersebut, dirinya meyakini jika posisinya tetap ada pada jalur perjuangan.

“Kabar itu juga sudah merugikan, saya merasa dirugikan. Tidak benar kalau saya bersekongkol dengan aparat keamanan, posisi saya masih sebagai Ketua KNPB yang berada dalam jalur perjuangan,”

Atas kabar tersebut, Agus Kossay mengaku ada beberapa kelompok yang menginginkan pengkudetaan dirinya dari kursi pimpinan KNPB.

“Berkembang dari konflik internal dan pembentukan kubu baru sebelumnya, sekarang bisa saya simpulkan jika kelompok-kelompok itu menginginkan saya untuk turun dari jabatan KNPB,”

Agus Kossay mengatakan jika kondisi dalam KNPB saat ini tidak cukup sehat untuk terus dipaksakan melakukan pergerakan dan agenda-agenda lainnya. Oleh sebab itu dirinya lebih memilih untuk menyegerakan diskusi dengan KNPB disejumlah wilayah terlebih dahulu.

“Kondisi sekarang ini tidak bisa dibiarkan untuk terus berlarut-larut. Harus ada tindakan yang nyata, maka saya akan melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah, tetapi jangan lagi hal ini dipolitisasi untuk menjatuhkan saya,”

0 komentar:

Posting Komentar