Sabtu, 11 Desember 2021

Identitas Papua Tergadai Kepentingan Separatis


Aksi separatisme di Papua masih dianggap sebagai ancaman, hal tersebut didasari oleh serangkaian peristiwa biadab yang merugikan dan terus terjadi berulang dari waktu ke waktu.

Meski demikian, menurut salah seorang tokoh dan pengamat Papua, Etinus Murib menyebutkan jika situasi yang nyata terjadi di Papua masih cukup kondusif dan relatif biasa-biasa saja.

"Sebenarnya situasi yang terjadi di Papua itu tidak serumit kabar-kabar yang beredar. Meskipun memang faktor terbesarnya adalah gangguan separatisme,"

Etinus sempat menyebutkan jika jumlah gerombolan separatis bahkan tidak banyak. Namun kelompok tersebut diuntungkan karena selalu mengumbar propaganda yang banyak ditelan mentah-mentah oleh orang Papua.

"Mereka juga cuma berapa kelompok saja, tidak banyak. Hanya saja memang mereka diuntungkan karena kabar yang dibuang sering ditelan mentah-mentah. Orang di Papua juga mudah percaya,"

Terkait hal tersebut, Etinus meminta kepada masyarakat di Papua untuk tidak mudah terpancing berita palsu yang cenderung sering dilebih-lebihkan.

"Makanya sebagai orang Papua kita juga harus bisa cerdas mencerna kabar, simpatisan dari kelompok separatis itu yang punya kepentingan-kepentingan. Mereka tidak malu meski harus menjual orang Papua,"

0 komentar:

Posting Komentar