Kamis, 30 Desember 2021

Jeffrey Bomanak: ULMWP Adalah Bidang Usaha Milik Benny Wenda


Meski ULMWP kerap melakukan klaim sebagai keberhasilan, perjuangan yang dilakukan ULMWP tersebut dinilai tidak pernah terpikirkan dengan matang. Menurut Ketua OPM-TPNPB Jeffrey Bomanak, aksi ULMWP hanya merupakan spontanitas dalam memenuhi ekspektasi dalam diri seorang Benny Wenda.

Jeffrey juga mengatakan bahwa tidak ada kontrol lain terhadap Benny Wenda sebagai Ketua ULMWP, hal tersebut yang dianggapnya akan sangat berbahaya terhadap status dan dinamika yang akan terjadi terhadap Papua dalam waktu mendatang. (31/12)

“ULMWP dipegang Benny, Benny tidak punya kontrol dari pihak lain. Ha-hal seperti ini tidak sehat dan tidak bisa terus dipaksakan untuk Papua. Perjuangan yang dilakukan oleh ULMWP juga hanya sebagai pemenuhan ekspektasi dalam diri Benny seorang,”

Jeffrey juga menyinggung kehidupan Benny Wenda di luar negeri yang tidak pernah ada pihak lain yang tahu, bahkan oleh anggota-anggotanya sendiri di ULMWP. Jeffrey menduga bahwa menetapnya Benny di Inggris juga untuk menghindari kecurigaan dan meminimalisir ekspos terhadap dirinya.

“Benny yang sudah tinggal di luar negeri dalam waktu belasan tahun itu lebih kepada untuk menghindari pihak-pihak lain yang mencari tahu kehidupan pribadinya, karena kalau sampai Benny Wenda terekspos maka banyak keburukan dari dirinya dan ULMWP yang akan terbongkar ke publik. Dia hidup nyaman disana, menghabiskan uang dari hasil janji-janji palsunya,”

Jeffrey bahkan mengatakan jika ULMWP tidak layak disebut sebagai organisasi perjuangan, keberadaannya dianggap lebih cocok sebagai bidang usaha waralaba. Sebab menurutnya agenda dan upaya yang dilakukan ULMWP seolah hanya seperti barang pesanan yang akan diperdagangkan. Dirinnya menyebut produk ULMWP seperti UUDS hingga Pemenrintahan Sementara yang saat ini seakan terbengkalai karena tidak diurus.

“Aksi ULMWP akan mencuat dan beberapa waktu kedepan akan hilang lagi, begitu seterusnya. Mereka lebih cocok disebut sebagai kelompok usaha, sebab barang-barang jualannya adalah UUDS, Pemerintahan Sementara, itu semua barang pesanan yang akan dijual untuk dapat keuntungan saja,”

Menurut Jeffrey ULMWP bukanlah organisasi yang bisa dipercaya. Dirinya menegaskan bahwa aksi perjuangan yang murni ada dibawah TPNPB-OPM. Ditambahkannya bahwa TPNPB-OPM sudah membuktikan perjuangannya dalam kurun yang tidak singkat.

“TPNPB-OPM sudah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk berjuang, tanpa ada janji-janji palsu, tanpa mencari keutungan. Bahkan prajurit-prajurit kami rela mati di medan pertempuran. Sejarah sudah mencatatkan bahwa kami adalah pejuang sejari yang tidak bisa dikotori dengan kepentingan selain demi hak-hak orang Papua,”

0 komentar:

Posting Komentar