Sabtu, 18 Desember 2021

KKB di Yapen Nyatakan Sumpah Setia pada NKRI


Sebanyak dua puluh orang mantan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen menyerahkan diri dan berikrar untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (18/12)

Puluhan pemuda tersebut didampingi para tokoh masyarakat dan diterima secara langsung oleh Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Fahmi, Dandim 1709/YAWA Letkol Inf. Catur Nugroho, Asisten II Setda Ir Edy Mudumi.

"Kami menyambut baik niat saudara-saudara yang bersedia menyatakan diri untuk setia pada NKRI. Tidak ada lagi perjuangan yang mengatasnamakan Papua Merdeka, karena kita sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945," ujar AKBP Ferdyan.

Kapolres menambahkan jika pihaknya bersama dengan jajaran Kodim 1709/YAWA bersedia memberikan pembinaan dan pendampingan kepada mantan anggota KKB agar bisa meningkatkan keterampilan sehingga bisa menjadi bekal dalam bekerja.

"Saya bersama Dandim, dan juga pemerintah daerah akan berkolaborasi untuk memberikan pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan kepada saudara-saudara, yang muaranya dapat meningkatkan keterampilan untuk bekerja," tambah Kapolres.

Dandim 1709/YAWA dalam penyampaiannya juga mengungkapkan rasa syukurnya atas penyerahan diri mantan anggota kelompok separatis tersebut. Menurutnya keberadaan TNI-Polri bukan untuk membuat ketakutan bagi warga hingga dapat melahirkan tindak perlawanan seperti yang dilakukan KKB.

"Jangan disalah artikan, TNI-Polri hadir di masyarakat untuk membantu memajukan pembangunan khususnya di Kabupaten Yapen. Papua juga NKRI, dan kita yang ada disini semua bersaudara," sambung Letkol Inf. Catur Nugroho.

Dandim juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para kepala kampung yang bersedia mendidik para generasi penerus di Papua untuk tidak mudah terprovokasi aksi yang merugikan.

Kabupaten Kepulauan Yapen merupakan salah satu wilayah sentral adat/budaya di Papua yang menyimpan banyak keragaman dan juga kekayaan alam. Momen kembalinya mantan KKB sebelumnya diharapkan dapat menjadi momentum tersendiri untuk menjajaki perubahan di Kepulauan Yapen agar menjadi daerah yang lebih maju.

0 komentar:

Posting Komentar