Minggu, 12 Desember 2021

Sabinus: Ambisi Undius Kogoya Rawan jadi Boomerang


Pernyataan perang terbuka yang kerap dilontarkan Undius Kogoya dianggap hanya akan merugikan dan justru menghambat gerakan pembebasan Papua. Hal tersebut disampaikan oleh Sabinus Waker menanggapi gencarnya aksi gerilya yang dilakukan Undius.

Menurut Sabinus perjuangan pembebasan Papua tidak bisa dilakukan secara sepihak, sifat egois Undius yang terlalu percaya diri bisa menjadi boomerang yang menjatuhkan diri sendiri dan seluruh elemen pergerakan di Papua.

“Perjuangan pembebasan itu tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Dia pikir dia melawan siapa, jangan asal jalan semaunya sendiri karena bisa jadi senjata makan tuan,”

Sabinus Waker dalam pernyataannya juga mengungkapkan kekhawatiran jika Undius tidak bisa menahan diri. Menurutnya perjuangan pembebasan bisa hanya akan berakhir kegagalan total karena aksi cari nama dan memaksakan kehendak.

“Kalau mau cari nama bukan disini tempatnya, kami orang-orang yang sedang berjuang untuk Papua. Jangan dirusak dengan kepentingan yang lain, darah perjuangan itu tidak bisa digantiksn dengan apapun,”

Perjuangan pembebasan Papua disebutkan lebih berharga dari sekedar ambisi yang dibawa oleh Undius Kogoya. Sebab dalam perjuangan ada tanggung jawab membawa harapan orang Papua untuk mendapat haknya. Sabinus bahkan mengisyaratkan ancaman terhadap Undius Kogoya.

“Dibalik gerakan pembebasan itu ada harapan orang Papua yang menginginkan haknya. Kalau memang harus terjadi, saya bahkan tidak akan keberatan jika aksi pergerakan dilakukan tanpa ada campur tangan kelompok Undius,”

0 komentar:

Posting Komentar