Jumat, 10 Desember 2021

Terbongkarnya Kebohongan Isu Pengungsian, Orang Papua ‘Ditumbalkan’


Terungkap aksi pengungsian adalah propaganda yang sengaja dibuat oleh kelompok separatis untuk menciptakan kegaduhan dan anggapan ketertindasan bagi warga sipil akibat konflik yang terjadi di Papua. Pernyataan tersebut terkuak dari salah seorang warga Tumorbil, Kabupaten Pegunungan Bintang yang sebelumnya dipaksa untuk berpura-pura menjadi pengungsi.

“Beberapa dari kami tidak menyangka kalau pengungsian itu hanya akal-akalan yang diciptakan, kami ini warga asli Tumorbil, tapi aktivitas kami dibatasi. Belakangan baru kami tahu mengapa kami seperti ditahan dan tidak boleh keluar dari hutan,”

Diketahui dari salah seorang warga bermarga Uopmabin tersebut mengatakan jika masyarakat sempat mendapat intimidasi dari kelompok separatis, dalam pengakuannya warga Tumorbil juga pernah didatangi oleh kelompok separatis untuk ditakut-takuti karena telah terjadi konflik bersenjata.

Menurut Uopmabin beberapa masyarakat yang sampai saat ini masih ‘disandera’ oleh kelompok separatis ingin segera kembali ke kampungnya masing-masing. Menurutnya warga tersebut sedang dimanfaatkan untuk kepentingan politis terkait pergerakan kemerdekaan Papua.

“Sudah pasti mereka hanya dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan aksi politis, tapi apa yang terjadi sudah sangat merugikan. Warga yang tidak mampu berbuat apa-apa hanya bisa pasrah, mereka ini korban,”

Uopmabin justru menganggap jika pergerakan yang dilakukan untuk membebaskan Papua justru dinodai sendiri oleh kelompok separatis, sebab masyarakat harus dijadikan umpan hanya untuk memberi anggapan jika orang Papua sedang terintimidasi akibat konflik yang terjadi.

“Yang berperang itu bukan warga sipil, kami tidak tahu apa-apa. Klaim perjuangan justru dinodai sendiri oleh kelompok separatis, warga sipil dijadikan umpan hanya untuk poin yang tidak penting, ini semua adalah kebohongan, apa yang dilakukan juga sebuah pembodohan,”

Kelompok separatis sengaja melakukan propaganda, terkuaknya isu pengungsian menjadi salah satu dari sejumlah kebusukan yang selalu digunakan untuk mendorong kepentingannya di Papua. Hal tersebut menjadi masuk akal sebab isu pengungsian selalu mencuat setiap menjelang perayaan hari-hari besar.

0 komentar:

Posting Komentar