Rabu, 26 Januari 2022

Kelompok Lamek Taplo Jarah Barang Milik Warga Distrik Okhika


Gerakan kelompok separatis di Papua yang kerap mengancam keamanan dengan serangkaian teror, diketahui juga telah melakukan aksi perampasan terhadap masyarakat di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang. (27/1)

Menurut Yulian Kalakmabin salah seorang warga Distrik Okhika menyebutkan jika hasil rampasan kelompok separatis pimpinan Lamek Alipki Taplo berupa barang-barang kebutuhan pokok dan sejumlah uang yang akan digunakan untuk membiayai aksi-aksi lainnya. 

“Mereka mengambil barang-barang yang masyarakat punya, ada beras, minyak, banyak barang kebutuhan pokok, mereka juga merampas uang,” ujar Yulian.

Yulian juga menyebutkan aksi penjarahan yang dilakukan malam hari juga menggunakan alat tajam dan senjata api. Dirinya menambahkan jika aksi kelompok separatis tersebut tidak segan melukai korban jika permintaannya tidak dituruti.

“Warga disini tidak ada yang punya pilihan lagi selain menyerahkan barang-barang yang mereka minta. Mereka datang bergerombol, ada yang bawa parang tapi ada juga yang bawa senjata (api),” tambahnya.

Distrik Okhika diketahui sebagai salah satu tempat persinggahan kelompok separtis pimpinan Lamek Taplo mengingat lokasinya yang dianggap strategis. Padahal menurut Yulian, warga setempat tidak pernah menyukai kehadiran kelompok tersebut.

“Orang-orang disini tidak ada yang suka, mereka tidak mau kalau hasil bumi yang sudah ditanam di lahan berbulan-bulan lamanya mau dirampas begitu saja. Meski sama-sama orang Papua kami tetap merasa ketakutan,”

Yulian menambahkan jika aksi penjarahan yang dilakukan kelompok separatis disebabkan karena terdesaknya kelompok tersebut seiring upaya penegakan hukum yang gencar dilakukan aparat keamanan TNI/Polri. Sebab ketersediaan barang pokok dirasa sangat penting sebagai pemenuhan kebutuhan anggota separatis yang jumlahnya tidak sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar