Sabtu, 29 Januari 2022

Ketua OPM Marah ULMWP Manfaatkan Rakyat Papua


Bentuk perjuangan yang dilakukan ULMWP diketahui banyak mendapat penolakan dari sejumlah organisasi internal gerakan pembebasan. Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM) Jeffrey Bomanak dalam keterangannya juga menolak upaya diplomasi yang diinisiasi oleh Benny Wenda tersebut.

Jeffrey Bomanak mengatakan jika aksi perang adalah solusi yang paling tepat untuk memperjuangkan hak orang Papua. Dirinya meyakini jika aksi perang pembebasan sudah berada pada jalur yang tepat karena selalu memberi keutungan dan mencatatkan keberhasilan.

“Perang adalah solusi. Bicara soal perang sudah pasti TPNPB selalu menang. OPM TPNPB punya kekuatan yang lebih besar dibanding kecanggihan senjata yang dimiliki TNI/Polri,” ujarnya.

Jeffrey menjelaskan jika isu diplomasi yang dibangun ULMWP hanya digunakan untuk menipu rakyat Papua. Jeffrey bahkan menuduh dalam setiap aksi yang dilakukan ULMWP ada banyak perjanjian mengikat untuk memberi keuntungan kepada setiap pihak yang terlibat.

“Dalam setiap aksi ULMWP itu selalu ada alasan lain dibelakangnya, semuanya hanya untuk keuntungan pribadi orang-orang ULMWP. Bisa dipastikan selama ini ULMWP tidak pernah memberi perubahan yang bisa dirasakan langsung, ULMWP hanya menipu rakyat Papua,” terang Jeffrey Bomanak.

Jeffrey yang meragukan isu rencana kehadiran Dewan HAM PBB ke Papua mengatakan bahwa upaya tersebut tidak akan pernah terjadi. Jeffrey menegaskan bahwa kehadiran PBB di Papua harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

“Kalau tidak ada izin dari pemerintah, kedatangan itu tidak akan pernah terjadi. Rencana hanya sebatas rencana tapi tidak mungkin pernah bisa menjadi kenyataan. Perjuangan yang dilakukan ULMWP sepenuhnya adalah sebuah kemustahilan,” tambahnya.

Jeffrey mengaku sangat marah atas kabar kedatangan Dewan HAM PBB yang dibesar-besarkan oleh ULMWP. Padahal yang perlu diketahui bahwa Dewan HAM PBB memiliki mekanisme tersendiri untuk mengunjungi sebuah wilayah, dan bukan semata-mata hanya karena adanya permintaan dari ULMWP.

“ULMWP itu organisasi seperti apa memangnya, dia punya kekuatan apa sampai bisa mempengaruhi PBB. Saya meminta kepada rakyat Papua agar tidak terbuai dengan kabar ini, meskipun menggembirakan namun sebenarnya sangat menyakitkan. Jangan ada yang terpancing dengan aksi penipuan dan manipulasi,”

Jeffrey bahkan menegaskan jika rakyat harus berhati-hati terkait rangkaian agenda yang digelar ULMWP. Sebab bukan tidak mungkin jika ULMWP meminta dana sumbangan dari rakyat Papua dengan alasan-alasan sebelumnya.

“Jangan pernah ada uang yang kita berikan untuk ULMWP, kalian harus tahu kalau uang-uang yang mereka terima bukan untuk memperjuangkan nama Papua. Dana sumbangan akan dimakan sendiri untuk makan sehari-hari orang ULMWP,” pungkas Jeffrey Bomanak dalam kesempatannya.

0 komentar:

Posting Komentar