Selasa, 25 Januari 2022

Otto Jemmy Yogi: Waspadai Aksi Pasukan Gadungan di Paniai


Panglima Tertinggi TPNPB-OPM Damianus Magay Yogi buka suara soal tudingan yang menyebutkan telah terjadi konflik horizontal antara dua basis tentara perjuangan yang terjadi di Kabupaten Paniai. (25/1)

Damianus menegaskan bahwa peristiwa tersebut bukanlah konflik horizontal, melainkan murni gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok tidak dikenal yang ingin mengacaukan situasi keamanan di Kabupaten Paniai.

"Tidak pernah terjadi konfkik horizontal apalagi kejadiannya di Paniai. Peristiwa kemarin itu murni aksi gangguan yang dilakukan orang tidak dikenal. Saya tidak pernah menyebutkan mereka sebagai kelompok tentara perjuangan,"

Meski aksi gangguang yang dilakukan kelompok tidak dikenal sebelumnya telah diketahui menggunakan senjata laras panjang, hal lain diuangkapkan Damianus Yogi mengingat legalitas tentara perjuangan sepenuhnya berada dalam garis komandonya. 

Sementara KASAD TPNPB Otto Jemmy Yogi dalam penuturan menanggapi peristiwa sebelumnya mengatakan bahwa akan mengambil tindakan tegas atas setiap aksi gangguan yang mengancam keamanan khususnya di Kabupaten Paniai. (26/1)

"Saya bertanggung jawab sepenuhnya. Kami disahkan oleh KTT yang sah sehingga punya dasar yang jelas untuk mengambil langkah tegas, kepada setiap kelompok yang mengganggu keamanan di Papua, saya akan ambil tindakan,"

Otto Yogi menambahkan jika dirinya akan terus memperjuangkan hak orang Papua dari segala bentuk gangguan, tidak terkecuali setiap gangguan yang berasal dari pihak internal seperti pasukan gadungan.

"Intinya saya akan perjuangkan apa yang sudah menjadi tanggung jawab saya, TPNPB akan selalu memperjuangkan hak orang Papua dan melawan segala bentuk ancaman, termasuk aksi-aksi yang dilakukan pasukan gadungan,"

0 komentar:

Posting Komentar