Minggu, 30 Januari 2022

Theo Tegaskan Kunjungan Dewan HAM PBB Ke Papua Adalah Pembohongan Publik


Terkait dengan adanya rencana kunjungan OHCHR dari PBB hanyalah pembohongan publik yang dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab, hal ini disampaikan oleh Pembela HAM Papua Theo Hesegem, (31/01/21).

Melalui telegram yang diterima Theo Hesegem dari OHCHR PBB menyampaikan kunjungan yang dimaksud sangat tidak benar alias Hoax.

"Setelah saya cek kepada rencana Kunjungan Komisaris tinggi  Hak Asasi  Manusia ke Papua, yang digembor-gemborkan di tanah Papua atas kunjungan yang dimaksud sangat tidak benar" itulah penyampaian dari teman-teman pembela HAM di Eropa.

Pada hari ini tanggal 30 Januari 2022, terkait rencana kunjungan OHCHR Komisi Tinggi Hak Asasi Manuaia dari PBB ke Papua, untuk melakukan pemantaua tentang dugaan pelanggaran ham di tanah Papua saya cek kepada teman-teman pembela HAM di Eropa rencanya kunjungan yang dimaksud tidak benar dan Hoax. 

Silakan baca SMS mereka yang dikirim kepada saya melalui Signal sebagai bunyinya sebagai berikut dan silakan membacanya, terang Theo.

No. There is no visit from OHCHR to Papua! (Tidak ada kunjungan dari OHCHR ke  Papua!)

ULMWP in UK also confirmed: that’s a hoax and not coming from them. (ULMWP di Inggris juga menegaskan: itu hoax dan bukan berasal dari mereka).

Lebih lanjut terang Theo "Saya bertanya kepada mereka karena biasanya OHCHR menunggu Undangan dari Negara yang bersangkutan. Untuk mengunjungi ke sebuah negara yang dimaksud, PBB juga tidak bisa intervinsi langsung, kalau mereka intervensi langsung Indonesia bisa mempersoalkan PBB.

"Oleh sebabnya saya bertanya kepada teman-teman sekerja saya pembela-pembela Hak Asasi Manusia di Eropa, untuk mendapatkan penjelasan terkait adanya isu kunjungan Dewan HAM PBB," jelas Theo.

Sangat disayangkan Pembohongan yang dilakukan oleh kelompok ULMWP terhadap masyarakat Papua. 

Sumber: Pembela HAM Theo Hesegem

0 komentar:

Posting Komentar