Jumat, 14 Januari 2022

Tokoh Revolusi Papua sebut Indikasi Dualisme ULMWP


Pengaruh dan nama besar seorang Benny Wenda sebagai tokoh penting dalam pergerakan sentral kelompok ULMWP dinilai sedang mencederai pergerakan pembebasan Papua.

Hal tersebut disampaikan Ketua I KNPB Pusat, Warpo Sampari Wetipo dalam sebuah keterangannya menyebut bahwa pergerakan ULMWP hanya sibuk dalam orientas yang mengarah pada kepentingan kelompok.

“Mungkin pada awal pembentukannya banyak pihak yang siap menaruh harapan, tetapi waktu berselang sampai dengan saat ini justru berubah 180 derajat. ULMWP tidak bisa lagi disebut sebagai organisasi perjuangan, sudah terlalu banyak kepentingan pribadi disana,”

Warpo bahkan menjelaskan bahwa saat ini terjadi dualisme dalam tubuh ULMWP. Dirinya mengatakan bahwa ULMWP sebagai wadah koordinatif tidak bisa disamakan dengan ULMWP yang gencar membentuk propaganda terkait Pemerintahan Sementara atau Green State Vision (GSV).

“Bedakan ULMWP sebagai wadah koordinatif dengan ULMWP yang sedang membentuk negara-negara. ULMWP yang sibuk dengan pemerintahan sementara dan GSV itu sudah berubah haluan sesuai Deklarasi Suralana 2014,”

Warpo mengaku telah meragukan negara ULMWP dan pemerintahan sementara yang dibentuk Benny Wenda. Dirinya justru mempertanyakan tentang aksi apa yang sudah dilakukan Benny sampai bisa mendeklarasikan sebuah negara.

“Memangnya Benny sudah berjuang dengan cara bagaimana sampai bisa mendeklarasikan negara. Bahkan dirinya tidak pernah tahu bagaimana kondisi asli di Papua sekarang ini, Benny memilih hidup enak di luar negeri,”

Warpo menambahkan bahwa dirinya sepakat dengan salah satu pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang pernah menyebutkan bahwa Benny Wenda sedang membuat negara ilusi.

“Dalam hal ini saya sepakat, memang faktanya sepeti itu. Negara mana yang Benny Wenda bentuk? Semua itu adalah ilusinya sendiri,”

Warpo juga mengatakan bahwa pergerakan pembebasan Papua harus dilakukan dengan nyata dari dalam negeri. Warpo menolak setiap bentuk propaganda yang dilakukan oleh ULMWP tentang janji-janji keberhasilan.

“Kalau tidak berjuang dengan nyata bagaimana Papua mau merdeka. Lakukan saja pergerakan di dalam negeri, bukan di Inggris, Amerika, Australi. Mereka disana tidak ada yang sepenuhnya peduli dengan kondisi kita,”

Pada akhir penyampaiannya Warpo berharap Konferensi ULMWP yang akan segera dilangsungkan dapat mengembalikan ULMWP dalam fungsi yang sebenarnya.

“Segera saja dilakukan KTT ULMWP, dari sana kita akan tahu siapa sebenarnya orang-orang yang hanya mau menipu dan cari kesempatan. ULMWP harus bisa kembali pada jalannya sendiri tanpa ada intervensi dari pihak luar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,”

0 komentar:

Posting Komentar