Minggu, 20 Februari 2022

Aksi Kelompok Separatis di Puncak Ilaga, Warga Terpaksa Mengungsi


bacaberita.com 20/02/2022
Papua - Penyerangan kelompok separatis di Kabupaten Puncak Ilaga, Papua, mengakibatkan sejumlah warga di Distrik Gome ketakutan dan mulai meninggalkan kampung untuk mencari perlindungan. (20/2)

Menurut keterangan warga setempat, masyarakat yang mendiami beberapa kampung di Distrik Gome terpaksa harus mencari tempat aman ke Kantor Bupati dan beberapa rumah kerabatnya.

"Kami semua ketakutan, makanya ada yang ke Kantor Bupati. Mereka juga ada yang ke rumah-rumah saudaranya, yang penting kami cari tempat aman," ujar Okin Wonda.

Gangguan keamanan di Kabupaten Puncak Ilaga dianggap telah membangkitkan luka dan memperpanjang catatan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis.

Wonda bahkan mengungkapkan warga kampung yang tidak menyukai kehadiran kelompok separatis kerap menjadi korban ancaman kekerasan. Dirinya mengatakan warga yang sering dipaksa menyerahkan barang kebutuhan pokok, juga merasakan ketakutan.

"Biasa seperti itu, mereka datangi rumah-rumah bawa senjata. Makanya kami terpaksa serahkan barang seperti beras, daging, dan lain-lain," tambahnya.

Kehadiran kelompok separatis dianggap Wonda telah mengganggu kehidupannya. Sebab menurutnya setiap konflik yang muncul akibat kelompok separatis selalu mendatangkan permasalahan lain.

"Tidak mungkin kami sehari/dua hari disini, kalaupun nantinya kami kembali ke kampung, rasa takut itu sudah membekas. Kelompok separatis itu membuat kami tidak bisa hidup dengan nyaman," tuturnya.

Dirinya juga meminta pemerintah dan pihak keamanan harus serius menangani kelompok separatis yang ada di wilayahnya.

0 komentar:

Posting Komentar