Sabtu, 12 Februari 2022

Jeffrey Bomanak: ULMWP Tidak Bisa Main Klaim kepada PBB


Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM-TPNPB) Jeffrey Bomanak dalam sebuah pernyataanya menanggapi pemerintah Indonesia yang telah merespon Dewan HAM PBB terkait dugaan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Hal tersebut sebagai tindak lanjut mengingat sebelumnya Dewan HAM PBB pernah mengirimkan beberapa pertanyaan terkait konflik di Papua. (12/2)

Namun Jeffrey Bomanak menegaskan jika hal tersebut tidak ada sangkut-pautnya dengan eksistensi organisasi yang dinahkodai Benny Wenda. Menurut Jeffrey PBB memiliki mekanismenya tersendiri untuk memangani dugaan kasus HAM diseluruh dunia tanpa perlu diintervensi oleh organisasi manapun termasuk ULMWP.

“Proses yang terjadi sekarang ini tidak pernah ada sangkut pautnya dengan Benny Wenda dan ULMWP. Semua yang terjadi sudah sesuai dengan mekanisme dan cara kerja orang-orangn di PBB,” ungkap Jeffrey.

Jeffrey juga mengingatkan agar ULMWP tidak menjual isu demi kepentingan pribadi. Hal tersebut dikhawatirkannya mengingat rakyat Papua mulai banyak yang mempercayai jika topik yang berkaitan dengan Dewan HAM PBB berkat dari usaha yang dilakukan ULMWP.

“Jangan juga ULMWP menjual isu untuk kepentingan yang kita semua sebagai orang Papua tidak tahu kejelasannya. Rakyat Papua sudah sangat berharap, jangan kalian permainkan dan manfaatkan. Mencari uang lewat cara-cara seperti itu akan mengundang kutukan,”

Ketua OPM-TPNPB tersebut menegaskan jika proses terkait Dewan HAM PBB akan dengan mudah dimanfaatkan sejumlah pihak untuk mengklaim keberhasilan, oleh sebab itu Jeffrey menambahkan bahwa setiap klaim keberhasilan yang muncul dapat dipastikan sebagai sebuah kebohongan.

“Tidak bekerja tapi mau dapat nama, itu yang sering orang-orang di ULMWP lakukan. Bisa dipastikan kalau sampai mereka mengklaim, itu adalah tanda kebohongan. Kita semua tidak tahu persisnya bagaimana agenda ULMWP ke depan,”

Jeffrey Bomanak dalam akhir penyampaiannya mengatakan jika perjuangan yang murni masih berada dibawah garis komandonya. Menurutnya perjuangan untuk meraih kemerdekaan harus diupayakan oleh orang Papua sendiri.

“Perjuangan yang murni akan terus dilakukan, lewat pertempuran di rimbunnya hutan Papua. OPM-TPNPB adalah pihak yang paling bertangggung jawab untuk rakyat Papua,”

0 komentar:

Posting Komentar