Kamis, 03 Februari 2022

Ketua OPM Sindir ULMWP yang Bawa Pengaruh Buruk dari Asing


Puluhan tahun perjuangan pembebasan Papua yang belum membuahkan hasil dianggap salah seorang tokoh perjuangan diakibatkan karena masih banyaknya kepentingan dari kelompok-kelompok tertentu. 

"Sudah menjadi rahasia umum kalau perjuangan yang jalan puluhan tahun dicampuri kepentingan lain, bukan hanya hanya dari satu kelompok tapi banyak kelompok, " ungkap Jeffrey Bomanak. 

Jeffrey yang merupakan Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM-TPNPB) menganggap jika  kegagalan yang terjadi juga diakibatkan karena terlalu banyaknya pihak luar yang sibuk mencampuri urusan perjuangan. 

"Tujuan yang seharusnya hanya satu (merdeka) malah dipersulit dan dibelokkan oleh banyak kelompok. Mereka memanfaatkan situasi di Papua untuk kepentingan-kepentingan lain," tambahnya. 

Terkait hal tersebut Jeffrey Bomanak beranggapan bahwa langkah awal yang harus dipedomani setiap organisasi perjuangan kemerdekaan adalah meminimalisir aksi yang melibatkan pihak asing secara intensif. 

"Ada hal yang harus dipegang kuat oleh setiap organisasi perjuangan, jangan pernah melibatkan pihak asing untuk agenda internal. Pihak asing akan minta timbal balik," ujarnya. 

Pengaruh asing yang menguat seiring proses perjuangan dinilai Jeffrey tidak akan mengubah masa depan Papua, aksi kolonialisme dianggap Jeffrey akan menghantui masa depan Papua. 

"Berjuang dari diri sendiri, kalai perlu jangan pernah memberi akses pihak lain. Bangsa ini harus belajar, ingat kolonialisme itu sangat pedih dirasakan," tutup Jeffrey. 

Diketahui pernyataan Jeffrey Bomanak sebagai bentuk ketidak sepahamannya dengan aksi-aksi ULMWP yang dianggap berjalan sepihak dan terlalu jauh melibatkan pihak asing untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua.

0 komentar:

Posting Komentar