Jumat, 18 Februari 2022

Meski Diancam, Pemekaran Papua sebagai Upaya Tulus Memperjuangkan Kesejahteraan OAP


Pemekaran Provinsi Papua dalam sejumlah kajian akademis dinilai perlu dilakukan. Beberapa instrumen pokok terkait pencanangannya mengarah pada aspek peningjatan kesejahteraan masyarakatnya.

Calon provinsi baru Papua Tengah menurut Mesak Magai, Bupati Nabire, sebagai wilayah yang disebutkan akan menjadi ibukota menyatakan jika pemekaran akan membawa kebaikan bagi Papua.

"Papua Tengah dengan ibukota di Nabire akan semakin sejahtera masyarakatnya. Saya akan terus berkoordinasi dengan para Bupati lainnya untuk terus mengupayakan kesempatan yang baik sekarang ini," ungkap Mesak Magai. (18/2)

Meskipun pembahasan atas pemekaran wilayah sudah semakin menemui titik terang, hal tersebut tentu masih mengundang penolakan. Diketahui kelompok separatis Papua adalah pihak yang paling keras menolak upaya pembangunan demi kesejahteraan orang Papua.

Aksi kelompok separatis tersebut dinilai salah seorang Tokoh Pemuda Papua telah menghambat orang Papua yang ingin berkembang dan merintis kesejahteraan di masa depan.

"Kelompok separatis tidak pernah mau Papua secara keseluruhan menjadi wilayah yang maju. Mereka selalu menghambat dengan berbagai alasan. Disaat banyak rakyat yang menunggu berkat, justru kelompok separatis ini menutup jalan berkat," ungkap Ali A. Kabiay. (19/2)

Ali Kabiay diketahui juga bereaksi keras terhadap kelompok separatis. Sebab selain menolak pemekaran dengan sejumlah pernyataan sikap, kelompok separatis diketahui telah menebar ancamam pembunuhan terhadap setiap komponen yang mendukung terwujudnya provinsi baru.

"Sudah ada upaya pelanggaran hukum lain, mereka sudah menebar ancaman teror pembunuhan terhadap siapa saja orang-orang yang mendukung pemekaran. Termasuk para Bupati yang dijadikan target," ujarnya.

Ali Kabiay menegaskan jika pemekaran adalah solusi lain untuk mengangkat kesejahteraan orang Papua. Oleh sebab itu dirinya meminta agar pemerintah terus mengupayakan rencana tersebut.

"Negara tidak boleh kalah dengan seruan sekelompok orang, apalagi kita sudah tahu latar belakang mereka sebagai kelompok separatis. Pemerintah terus saja maju untuk perjuangkan ini semua demi OAP," tutup Ali dalam keterangannya.

0 komentar:

Posting Komentar