Selasa, 08 Februari 2022

Tokoh Papua Anggap Film Garapan Polda Papua sebagai Realita di Masyarakat


Gala premiere film Si Tikam Polisi Noken garapan Polda Papua resmi dilaksanakan, sejumlah tokoh masyarakat yang berkesempatan menghadiri kegiatan tersebut mengaku antusias.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Adat Papua (PAP) Yan C. Arebo mengungkapkan jika film tersebut cukup mengedukasi masyarakat. Dirinya mengatakan jika pilihan hidup seseorang dipengaruhi juga oleh lingkungan disekitarnya.

“Saya rasa film ini cukup mengedukasi, dimana kalau kita ingin menjadi pribadi yang baik maka harus berada dalam lingkugan yang baik, begitu juga sebaliknya,” ungkap Arebo dalam keterangannya. (8/2)

Arebo mengungkapkan jika muatan keseluruhan dari film tersebut dinilai sangat menarik, dan tidak bisa dinilai hanya dengan melihat sepintas.

”Kalau mau menilai bagaimana film itu ya harus menonton dulu sampai habis. Apakah ada pandangan negatif atau tidak, dan saya rasa film ini cukup baik,” ujarnya.

Arebo menambahkan bahwa kritik yang muncul terkait film tersebut dirasa wajar terjadi, meskipun dalam keterangannya film Si Tikam Polisi Noken tersebut secara fakta telah mengangkat realita dalam kehidupan masyarakat di Papua.

”Itulah yang terjadi saat ini, bagaimana kehidupan masyarakat di daerah pegunungan digambarkan secara tepat dalam film tersebut. Saya rasa tidak ada yang dilebih-lebihkan karena memang faktanya demikian,” tambahnya.

Sementara itu Agus R Kogoya sebagai Ketua Dewan Adat Lapago mengungkapkan budaya yang digambarkan dalam film tersebut dirasa sangat tepat.

”Memang apa yang ditampilkan itu sudah sangat pas, budaya tentang perang suku itu wajar terjadi khususnya di wilayah Lapago,” ungkap Kogoya.

Kogoya juga menambahkan bahwa film tersebut diharapkan dapat menggambarkan keadaan dan agar dapat dimaknai dengan baik oleh generasi muda kedepan.

”Film ini dimaksudkan agar generasi muda kedepan bisa melihat sisi baik kehidupan di Papua. Film ini menjadi petunjuk, dan saya tidak tersinggung dengan isi film, justru saya akan mendukung film ini,” ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar