Rabu, 09 Februari 2022

Tokoh Papua terhadap Gerakan Separatisme: “Kritik Film itu Biasa, Program Pro-Rakyat Saja Ditolak”


Salah seorang Tokoh Senior Papua dalam tanggapannya terkait dinamika yang terjadi di Papua mengatakan kelompok separatis prokemerdekaan adalah pihak yang kerap menghambat sejumlah kebijakan dan program yang ditujukan untuk merangsang pertumbuhan wilayah di Provinsi Papua.

Agustinus R dalam penyampaiannya menyebut jika pengaruh kelompok separatis selalu menghadirkan aksi kontra terhadap kebijakan pemerintah yang menimbulkan konflik dalam kehidupan bermasyarakat. (10/2)

“Setiap ada kebijakan selalu saja kelompok itu mempermasalahkannya. Hal seperti ini bukan sekali atau dua kali terjadi, sudah berpuluh-puluh atau mungkin beratus-ratus kali,”

Agustinus berpendapat jika hal tersebut mulai dianggapnya sebagai angin lalu. Dirinya meminta kepada pemerintah untuk terus membangun Papua demi kesejahteraan rakyatnya.

“Jadi tidak perlu lagi kita bahas kelompok itu. Lebih baik pemerintah fokus saja membangun Papua, itu akan memberi manfaat yang berarti. Karena kalau sibuk urus kelompok yang bermasalah, sudah pasti tidak akan ada ujungnya,”

Menyinggung persoalan film Si Tikam Polisi Noken yang dirilis Polda Papua, Agustinus menyebutkan jika hal tersebut adalah sesuatu yang wajar terjadi.

“Wajar saja terjadi, kembali lagi sebelumnya, kelompok itu selalu ingin menciptakan konflik di Papua. Apapun masalahnya, apapun beritanya, apapun kejadiannya, akan selalu mereka manfaatkan untuk kepentingan gerakan separatis,”

Bahkan Agustinus menjabarkan jika kritikan terhadap film hanya sebagian kecil dari sejumlah permasalahan mendasar lain terkait program pemerintah yang sedang direncanakan ataupun sudah dicanangkan.

“Film itu masalah kecil, kejadian yang lalu misalnya ada PON, Otsus (otonomi khusus), mereka semua menolak. Sampai besok ada pemekaran wilayah, itu juga sudah muncul suara-suara penolakan,”

Polemik yang selalu dihadirkan oleh kelompok separatis mendorong Agustinus untuk meminta kepada pemerintah dan aparat TNI/Polri agar selalu tabah dalam memelihara situasi keamanan Kaitannya dalam menjaga kedaulatan NKRI.

0 komentar:

Posting Komentar